Sambang Sekolah, Cara Polres Trenggalek Bina Generasi Millenial

Polres Trenggalek – Kepedulian jajaran Polres Trenggalek terhadap generasi muda patut mendapatkan acungan jempol. Bagaimana tidak, Kepolisian yang berada di pesisir selatan Jawa Timur ini kerap melaksanakan kegiatan yang melibatkan para pelajar. Salah satunya adalah dengan menggelar police goes to school.

Setiap hari senin pagi, dari pejabat utama, Kapolsek hingga Bhabinkamtibmas wajib melaksanakan kegiatan Police Goes to School tersebut disekolah-sekolah diwilayahnya masing-masing. Bagi pejabat utama tingkat Polres melaksanakan di wilayah kecamatan kota Trenggalek. Demikian pula dengan Polsek jajaran sesuai dengan wilayah hukumnya.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari program kerja Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. yang memang terbilang cukup menaruh perhatian serius terhadap perkembangan para generasi millenial tersebut.

“Iya betul, jadi setiap hari Senin kami wajibkan kepada seluruh pejabat utama dan Kapolsek hingga Bhabinkamtibmas agar melaksanakan sambang sekolah, melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada siswa. Materi menyesuaikan dengan perkembangan Kamtibmas terkini” Ujar AKBP Jean Calvijn dalam satu kesempatan.

Seperti yang dilaksanakan oleh Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum yang kebetulan bertindak sebagai Pembina upacara di SMKN 2 Trenggalek.

Dihadapan para peserta upacara yang notabene merupakan pelajar dari kelas X hingga XII tersebut, AKP Suyono menyampaikan tentang wawasan kebangsaan dengan tujuan agar tumbuh sikap dan jiwa nasionalisme di kalangan pelajar. Tak hanya itu, AKP Suyono juga mensosialisasikan tentang bahaya Narkoba dan radikalisme yang akhir-akhir ini marak di berbagai platform media sosial.

“Trend media sosial sudah menjadi hal umum di kalangan pelajar. Hampir semua memiliki akun Medsos.” Ucap AKP Suyono

Pihaknya berpesan agar tidak mudah membagikan informasi yang belun jelas kebenarannya. Terlebih lagi terkait dengan ujaran kebencian, berita hoax dan isu Sara. Pihaknya jug amengingatkan tentang konsekuesi hukum yang harus ditanggung jika melanggar.

“Lebih berhati-hati dan waspada. Kalian harus lebih smart dari pada smartphone yang kalian pegang setiap hari. Bijaklah dalam bermedsos” Pungkasnya