Hati-hati Penipuan dengan Modus Undian Berhadiah

Polres Trenggalek – Dalam upaya meniadakan segala bentuk gangguan kamtibmas, petugas dari Polsek Karangan Polres Trenggalek mencegah terjadinng tindak kejahatan Via Telpon/undian berhadiah, Sudah cukup lama modus menelepon mengaku keluarga ada yang kena musibah,namun jika kita tidak ingatkan kadang kita tergiur dengan bujuk rayu tipu muslihat para pelaku kejahatan. Ada lagi anggota keluarga menjadi korban Kecelakaan, terus untuk pengobatan suruh transfer ke nomor rekening penelepon.ada lagi cara lain dengan. Menaruh selembaran kertas kecil di depan pintu calon korban dengan isi kupon, “anda mendapatkan hadiah mobil” Begiti juga adanya salah satu keluarga yang kena permasalahan dengan polisi mengaku personel Polisi meminta uang damai begitu modusnya,” kata Aiptu Ismani kepada warga.

Kewaspadaan terhadap para pelaku kriminal yang mencari korbanya dengan perantara hand phone. Kejadian kejahatan yang menggunakan cara seperti itu, memang sulit dalam pelacakanya, satu -satunya cara agar terhindar dari pelaku ini dengan agar tidak mudah percaya adanya ucapan yang diberikan. Hal tersebut disampaikan Aiptu Ismani saat dialogis bersama warga.

Bisanya pelaku penipuan via telepon menggunakan kesempatan korbanya pada saat jam istirahat, dengan melakukan telepon pada korban yang baru tertidur dengan penyampaian hal -hal yang bisa membuat calon korbanya percaya. Sudah banyak informasi dari masyarakat yang mengatakan adanya korban yang mendapat telepon dan dituntun ke mesin ATM sampai uangnya habis dalam saldo baru menyadarinya.

”Melihat kejadian yang pernah ada, untuk menghindari pelaku penipuan harus dari kesadaran setiap orang agar tidak cepat mengambil kepercayaan sepenuhnya terhadap orang yang belum di kenal melalui hand phone. Apapun modusnya jangan sampai terpengaruh dengan hasutan dan ajakan untuk transfer uang, ” Pungkas Aiptu Ismani.