Patroli Rawan Karhutla Wilayah Hutan Pule

Polres Trenggalek – Patroli antisipasi Kebakaran hutan dan ladang di wilayah Pule dilaksanakan secara sinergitas Brigadir Candra Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek bersama anggota Perhutani di hutan wilayah Pule pada sore kemarin, Rabu ( 11/12 ). Dalam kegiatan patroli gabungan kemarin menyisir wilayah bagian hutan yang disinyalir rawan kebakaran akibat alam maupun manusia yang tidak bertanggung jawab.

Tujuan patroli di lokasi hutan pinus tidak lain dalam memberikan upaya pencegahan untuk turut menjaga situasi hutan dari kebakaran, mengingat kemarau yang panjang dimusim ini menyebabkan banyak semak kering dan rawan terjadi kebakaran bila salah membuang titik api. Hal itu dikatakan Brigadir Candra personel Polsek Pule Polres Trenggalek saat melakukan kegiatan patroli.

Dalam mencegah timbulnya Karhutla bisa dilakukan warga dengan tidak membuang sampah pada rumput atau semak kering di lokasi yang rawan terbakar. Tidak sedikit karhutla yang disebabkan oleh kelalaian oknum seperti membuang puntung rokok yang masih menyala di daerah yang rawan untuk terbakar. Membuang puntung rokok pada tempat yang rawan terbakar akan menyebabkan api dapat menyebar dengan cepat.

” Kita harus mulai meningkatkan kepedulian kepada lingkungan sekitar dan berani merubah kebiasaan yang merugikan untuk menghindari dampak jangka panjang, ” ucap Brigadir Candra saat pelaksanaan patroli gabungan kemarin.

Ikut serta dalam mengawasi dan memantau titik rawan kebakaran hutan
Pengawasan dan pemantauan akan berfungsi optimal ketika semakin banyak pihak yang terlibat di dalamnya. Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama besarnya untuk memastikan terciptanya lingkungan hidup yang aman dan jauh dari ancaman kebakaran hutan. Hal itu disampaikan patroli Polsek Pule lebih lanjut.

” Segera melapor kepada petugas setempat ketika melihat kebakaran hutan
Manfaatkan teknologi what apps dan nomor darurat dengan baik. Jangan ragu untuk langsung melaporkan kasus kebakaran hutan demi menghindari kerugian yang lebih besar,” katanya.