Pasar Wage Gempar Ada Warga Melahirkan di Kamar Mandi, ini Penjelasan Kapolsek Panggul

Polres Trenggalek – Pasar Panggul dibikin gempar dengan adanya seorang ibu yang tiba-tiba melahirkan di kamar mandi warga saat hendak berbelanja di pasar Wage di Desa Wonocoyo. Beruntung ibu dan bayi segera mendapatkan pertolongan medis. Selasa (14/01).

Kapolres Trenggaalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Panggul Iptu Budi Hartoyo, S.H., membenarkan kejadian tersebut yang dialami oleh Dian Safitri, 22 tahun, warga Desa Salamwates, Kecamatan Dongko, Trenggalek. Saat itu Dian yang tengah hamil tua dan sejumlah warga lain hendak pergi ke Pasar Panggul dengan menumpang angkutan pikup.

“Kronologi kejadian sekira Pukul 05.00 Wib setelah sampai di Pasar Panggul, Dian ini terasa ingin buang air kecil dan akhirnya numpang di kamar mandi milik saudari Siti Ngaisah yang ada di depan pasar,” kata Iptu Budi.

Saat di dalam kamar mandi itulah, Dian terasa mulas-mulas seperti akan melahirkan. Ia sempat berusaha menahan rasa mulas tersebut, namun justru semakin menjadi. Di sisi lain Dian juga mulai mengalami kontraksi.

“Karena sudah tidak dapat ditahan, dia berteriak minta tolong ke pemilik rumah. Hingga akhirnya Dian melahirkan bayi laki-laki di dalam kamar mandi dengan bantuan Sdr. Sopiyatun, saksi Ika Murtini dan pemilik rumah Siti Ngaisah,” ujarnya.

Setelah bayi tersebut lahir, pemilik rumah langsung menghubungi petugas Puskesmas Panggul dan Polsek Panggul untuk meminta pertolongan medis. Saat ini Dian dan bayinya telah dievakuasi ke Puskesmas Panggul untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

“Dari keterangan pihak Puskesmas kondisi bayi cukup sehat, demikian juga ibunya juga sehat,” imbuh Iptu Budi.

Pada waktu proses evakuasi berlangsung sempat terjadi kesimpangsiuran informasi yang diterima warga sekitar. Sejumlah warga mengira ibu bayi meninggal dunia, sebab diselimuti kain jarit saat diangkut ambulans.

“Kenapa diselimuti jarit, saat proses evakuasi oleh pihak puskesmas karena memang posisi ari-ari belum keluar, masak mau dibiarkan terbuka. Alhamdulillah setelah ditangani medis bisa tuntas proses persalinannya,” Pungkas Iptu Budi.