Patroli Bersepeda, Blusukan Pemukiman Berikan Rasa Aman Masyarakat

Polres Trenggalek – Salah satu metode Harkamtibmas Kepolisian adalah dengan patroli. Patroli ini bertujuan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi diwilayah. Berdasarkan Sarana prasarana yang digunakan, patroli itu sendiri terbagi menjadi beberapa cara. Bisa menggunakan kendaraan bermotor baik mobil ataupun sepeda motor, bersepeda hingga jalan kaki.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dan digunakan sesuai dengan karakteristik wilayah serta tingkat gangguan Kamtibmas yang dihadapi.

Seperti yang dilakukan oleh Unit Satsabhara Polres Trenggalek siang ini. Dipimpin oleh ipda Krisna Dwi Jaya S.H., M.H. bersama 5 orang anggotanya menggelar patroli bersepeda. Metode ini dipilih mengingat secara geografis, kota Trenggalek bisa dibilang relatif datar dan mudah dilalui menggunakan sepeda.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. menuturkan, guna menjaga kondusivitas Kamtibmas, Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek jajaran mengintensifkan patroli dengan sasaran titik-titik rawan kriminalitas, pusat aktivitas masyarakat serta objek vital lainnya.

“Sambil patroli dilakukan dialogis dengan masyarakat agar tercipta interaksi sehingga kehadiran polisi ditengah masyarakat ini membawa manfaat rasa aman dan nyaman.” Jelas AKBP Jean Calvijn

Sementara itu, Kasatsabhara Iptu Sardono, S.H. mengungkapkan rute patroli bersepeda adalah wilayah perkotaan meliputi pusat perbelanjaan disepanjang jalan Ir. Soekarno-Hatta hingga Panglima Sudirman, area perbankan, Perkantoran pemerintah dan objek vital lainnya.

“Patroli bersepeda bisa menjangkau dari jalan utama hingga gang-gang sempit dipemukiman penduduk, jadi lebih efektif sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas” Jelas Iptu Sardono.

Iptu Sardono menambahkan, patroli bersepeda ini dilaksanakan oleh unit patroli Satsabhara secara bergantian. Sedikitnya 3 regu melaksanakan patroli bersepada dan dalam pelaksanaannya menerapkan pola bersinggungan dengan patroli bermotor lainnya.

“Kita berharap dengan meningkatkan intensitas patroli ini mampu mencegah gangguan Kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat” Pungkasnya