Sinergitas Polisional, Kapolres Trenggalek Kunjungi Poskamling

Polres Trenggalek – Keberadaan Poskamling memeiliki peran penting dalam menjaga kondusivitas Kamtibmas diwilayah. Poskamling yang merupakan wadah bagi masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan tersebut merupakan salah satu upaya preventif yang dapat dilakukan secara mandiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.k., M.H saat mengunjungi Poskamling di Desa Bogoran Kecamatan Kampak dan Desa Karanganyar Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Kunker Kapolres di wilayah Kecamatan Kampak yang digelar hari ini.

“Perlu dikuatkan kembali sinergitas polisional antara Polri dengan masyarakat. Tidak hanya sebatas wacana tetapi pada tataran riil di masyarakat.” Ujar AKBP Jean Calvijn

Tindakan polisial dimaksud adalah bagaimana masyarakat mampu mencegah terjadinya tindak pidana, kriminalitas datau kejahatan yang terjadi dilingkungannya dengan melakukan langkah-langkah polisonal terbatas. Dalam prakteknya, bersinergi dengan Bhabinakmtibmas dan Babinsa yang ada dimasing-masing desa. Sinergitas yang kuat akan mampu menciptakan Kamtibmas yang mantap.

“Oleh sebab itu dibutuhkan peran aktif masyarakat. Peka dan peduli terhadap lingkungannya. Aktifkan kembali 1 X 24 jam tamu wajib lapor sehingga Poskamling ini menjadi lebih hidup dan memberikan manfaat bagi keamanan lingkungan.” Imbuhnya

AKBP Jean Calvijn juga menyinggung terkait dengan dinamika Kamtibmas saat ini, dimana terjadi tren peningkatan kejahatan seksual. Pihaknya meminta agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati terutama menjaga dan mengawasi anak-anak  baik pergaulan sehari-hari maupun akun media sosialnya.

“Peran serta keluarga dan masyarakat sangat penting dalam pengawasan anak baik lewat Medsos maupun kehidupan nyata” Pungkasnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut antara lain pejabat utama Polres Trenggalek, Ketua Cabang Bhayangkari beserta pengurus, jajaran Muspika, tiga pilar, Linmas, pengurus Poskamling serta masyarakat sekitar.

Acara ditutup dengan penyerahan bantuan peralatan keamanan oleh Kapolres Trenggalek yang diterima oleh salah satu pengurus Poskamling.