Cegah Kasus Asusila Kapolsek Panggul Ingatkan Orang Tua Untuk Awasi Pergaulan Anak

Polres Trenggalek – Safari Jumat merupakan salah satu program unggulan Polres Trenggalek yang terus digalakkan setiap hari Jum’at, selain untuk memakmurkan Masjid, juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas ke masyarakat. Jum’at (24/01).

Kapolsek Panggul Iptu Budi Hartoyo, S.H., yang melaksanakan Salat Jum’at di Masjid Istiqomah di Desa Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek menyampaikan imbauan Kamtibmas.

Dalam imbauannya Kapolsek Panggul mengingatkan kepada jemaah maraknya kasus pencabulan terhadap anak belakangan menjadi fenomena di beberapa wilayah Jawa Timur, kasus pencabulan terjadi juga di Trenggalek bapak kandung yang tega setubuhi anaknya.

Kejadian bejat tersebut terjadi di Kecamatan Durenan, tega memperkosa dua anak kandungnya sendiri. Bahkan satu di antaranya anaknya mengalami depresi berat hingga harus masuk rumah sakit jiwa.

Pemicu ataupun latar belakang perbuatan cabul ini begitu kompleks. Salah satunya yaitu kurangnya edukasi dan kurang perhatian dari orang tua, pelakunya banyak dilakukan oleh teman dekat atau pacar, oleh tetangga dilingkungan, bahkan oleh orang tua kandung atau tiri.

“Kami berharap peran orang tua di keluarga, guru di sekolah maupun masyarakat di lingkungannya bisa menjadi orang tua bagi anak-anak mereka, agar pencegahan kasus asusila bisa teratasi dengan baik,”Harap Iptu Budi.