Jangan Sepelekan ini Saat Usia Berkepala Lima

Polres Trenggalek – Memiliki impian hidup sehat dan bahagia ketika memasuki rentang usia senja merupakan keinginan setiap individu. Apalagi jika hidup dihabiskan untuk bekerja mulai dari terbit matahari hingga terbenam.

Seiring dengan pertambahan usia, tubuh mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Mulai dari fungsi otot dan ingatan yang menurun, kulit jadi keriput, hingga susah menahan kencing. Perubahan fisik akan sangat terlihat terutama pada usia 50 tahun ke atas. 

Banyak ahli setuju bahwa dengan pola pikir yang benar dan beberapa wawasan bermanfaat, siapa pun bisa menikmati hidup yang nyaman dan bahagia walaupun umur mereka semakin bertambah.

Topik dialog di atas tampak seru dibahas saat Kapolsek Bendungan Polres Trenggalek, AKP Puguh Wardoyo, S.H.,M.H. “ngobrol gayeng” bersama elemen masyarakat usai melaksanakan salat Zuhur berjamaah di masjid Baiturrohman Kecamatan Bendungan siang tadi, Rabu (12/2/2020).

Obrolan seru yang melibatkan beberapa elemen masyarakat Bendungan, antara lain pejabat Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Bendungan dan Kepala KUA Bendungan ini menitikberatkan tentang tips sehat usia 50 tahun ke atas

“Terdapat berbagai macam cara menjaga kesehatan tubuh pria saat berusia 50 tahun keatas. Hal ini penting untuk dilakukan, karena seiring dengan pertambahan usia, daya tahan tubuh akan menurun,” ucap AKP Puguh mengawali obrolan.

Mantan Kapolsek Panggul Polres Trenggalek ini juga membagikan tips sehat usia 50 tahun keatas salah satunya dengan rutin melakukan cek kesehatan. 

“Memeriksakan kesehatan secara berkala sesuai anjuran dokter dapat mendorong kita untuk memperbaiki pola hidup,” jelasnya.

Masih kata AKP Puguh, medical check-up dapat membantu mengungkap tanda-tanda atau peringatan dini terhadap penyakit yang dapat menyerang dan mungkin diderita. Dengan cara ini penyakit dapat diketahui lebih dini, dan dapat ditangani dengan lebih cepat.

Tak kalah penting, lanjut AKP Puguh, mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi juga merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh menjelang usia senja.

“Kalau bisa, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, daging merah dengan lemak, dan makanan yang banyak mengandung garam,” tegas suami dari Ninik yang sehari-hari berprofesi sebagai bidan ini.

AKP Puguh menambahkan, usia 50 tahun keatas harus diimbangi dengan melakukan aktivitas pendukung hidup sehat, meliputi olahraga aerobik dan melakukan hobi yang disenangi.

“Olahraga aerobik atau sering disebut kardio seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang disarankan untuk rutin dilakukan, setidaknya selama 10 menit setiap hari atau 150 menit dalam satu minggu. Olahraga ini baik untuk pernapasan, kesehatan jantung dan otot-otot tubuh,” terangnya.

Masih kata Kapolsek humoris ini, menyalurkan kegiatan fisik dengan menekuni hobi yang disenangi juga bisa menjadi pilihan. Selain melakukan aktivitas di atas, ia pun menyarankan untuk memenuhi kebutuhan tidur dengan baik.