Kapolsek Pogalan Hadiri Giat Sosialisasi Perairan Umum Daratan

Polres Trenggalek – Kapolsek Pogalan AKP Mokh Mahmudi, S.H., menghadiri kegiatan Sosialisasi Perairan Umum Daratan yang diselenggarakan oleh Dinas Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Kabupaten Trenggalek, bertempat di Sasana Among Praja Kecamatan, Kamis (13/02/20).

Giat sosialisasi dihadiri oleh Ir. Cusi kurniawati Msi Kepala dinas perikanan, Wasiska widayanti.S.pi. M.si, Kepala bidang perikanan Tangkap, Ermanto juris wirawan ST. Kasi PSDP, Kunayah Kasi Ekbang Kecamatan Pogalan, Kapolsek Pogalan AKP Mokh Mahmudi S.H., Sertu supriyanto anggota ramil 0806/02 Pogalan, Kepala Desa se Kecamatan Pogalan, Komunitas TFC Trenggalek Fishing comunity.

Sambutan dari Sambutan Ir. Cusi kurniawati Msi Kepala dinas perikanan yang intinya, Kegiatan sosialisasi Perairan Umum Daratan (PUD) ini bertujuan untuk menjaga kelestarian dan ekosistem lingkungan terutama perairan darat, Bupati Trenggalek mencanangkan 100 festival di tahun 2020 hajatnya kab Trenggalek dan dari dinas perikanan mendapatkan 4 kegiatan pada 100 festival, Untuk menjaga ekosistem di wilayah masing masing dan juga menjaga kelestarian lingkungan Dinas Perikanan Trenggalek rencananya akan bantuan ikan tawes untuk menjaga ekosistem perairan yang ada di Desa Kecamatan Pogalan dengan memberdayakan kelompok masyarakat dan pihak Pemerintah Desa agar membuat aturan yang tegas di masing masing Desa terkait ekosistem lingkungan termasuk perairan yang ada di daratan.

Sosialisasi perairan umum daratan ( PUD) Oleh Wasiska widayanti.S.pi. M.si. yang intinya, Dalam melaksanakan pengelolaan perairan umum peran serta masyarakat sangat diharapkan, karena masyarakat merupakan pelaku utama dalam pemanfaatan sumberdaya tersebut. Di Kabupaten Trenggalek di beberapa Kecamatan telah terbentuk kelompok masyarakat pengawas yang mengelola dan mengawasi perairan umum. Sampai dengan tahun 2018 telah dikukuhkan sebanyak 17 Pokmaswas di Kabupaten Trenggalek. Rencana Tahun 2020 dari dinas  perikanan trenggalek menyebarkan benih ikan dilokasi Pogalan, Tugu, Durenan, Watulimo Trenggalek, Bendungan dan mendapat bantuan Ikan Tawes : 150.000 ekor. Wilayah Pogalan mendapatkan benih ikan tawes 25.000 ekor. Rencananya wilayah Pogalan  akan dilaksanakan 19 Maret 2020 dan untuk tempat penyebaran benih ikan di sepanjang sungai diwilayah Pogalan, pada titik titik penyebaran yang telah disepakati.

Sementara itu Kapolsek Pogalan Polres Trengalek AKP Mokh Mahmudi saat dikonfirmasi seusai kegiatan menyampaikan bahwa,” Dengan diadakan sosialisasi ini harapan kami, supaya masyarakat tidak melakukan  penangkapan ikan dengan cara disetrum, peledak, obat bahan kimia sejenis di sungai, sehingga menyebabkan punahnya ekosistem dan juga menembak hewan atau satwa yang dilindungi, karena hal tersebut ada Undang-undang yang mengatur, dan kami tidak ingin apabila masyarakat Pogalan menjadi pelaku”, pungkas AKP Mokh Mahmudi.