Kapolres Trenggalek Imbau Warga Taati Kebijakan Pemerintah Terkait Waspada Covid-19

Polres Trenggalek – Kepolisian kembali menggelar patroli skala besar gabungan serentak se Kabupaten Trenggalek. Patroli dalam rangka pencegahan Covid-19 tersebut diikuti oleh personel dari TNI, Satpol PP. Dishub hingga dinas kesehatan Kabupaten Trenggalek. Selasa (24/3).

Patroli yang dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. tersebut menyasar beberapa tempat keramaian maupun tempat nongkrong di Trenggalek seperti warung kopi (Warkop), coffee, warung makan, tempat hiburan maupun tempat umum yang kerap di jadikan sebagai lokasi nongkrong atau berkumpul.

Menggunakan beberapa kendaraan dinas, petugas gabungan mengimbau kepada kerumunan warga diberbagai tempat menggunakan pengeras suara agar membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing.

AKBP Jean Calvijn menegaskan, pihaknya telah mensosialisasikan kebijakan pemerintah dalam masa darurat corona dan Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan dalam penanganan penyebaran virus corona (Covid-19) dimana salah pointersnya berisi tentang imbauan untuk tidak mengadakan kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak.

“Kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian pencegahan yang kita gelar sebelumnya. Kita gugah kesadaran masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah utamanya terkait dengan social distancing dan psycal distancing untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19.” Ungkap AKBP Jean Calvijn.

Bersama dengan beberapa pejabat utama dan kepada OPD, alumni Akpol tahun 1999 ini turut ambil bagian memberikan pengertian dan pemahaman kepada warga terkait dengan bahaya penyebaran virus corona. Bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga keluarga dan orang lain.

Selain itu, dalam patroli skala besar tersebut, dilakukan pula penyemprotan disinfektan di beberapa tempat dan fasilitas umum serta pemasangan Maklumat Kapolri disetiap lokasi yang dikunjungi.

“Kami berharap kerjasama dan pengertian dari masyarakat untuk tetap tinggal dan tidak keluar rumah jika benar-benar diperlukan. Taati dan patuhi apa yang telah menjadi garis kebijakan pemerintah dalam menangkal pandemi corona ini.” Imbuhnya

Lebih lanjut AKBP Jean Calvijn menegaskan bahwa kegiatan serupa akan terus dilakukan setiap hari sebagai bentuk kongkrit kepedulian utamanya terkait dengan merebaknya virus corona tersebut.

Dalam prosesnya, petyugas mengedepankan pola preventif edukatif dan humanis. Namun, Jika diperlukan pihaknya akan mengambil sikap tegas demi melindungi kepentingan masyarakat yang lebih besar.

“Kepada masyarakat, kami minta untuk tetap tenang. Jangan panik. Patuhi dan jalankan apa yang menjadi kebijakan pemerintah dengan tetap tinggal dirumah. Terapkan social distancing dan psycal distancing dari lingkungan terdekat yakni keluarga. Jangan lupa cuci tangan dan tetap jaga kesehatan.” Pungkasnya