Pastikan Efektif, Kapolres Trenggalek Jajal Bilik Sterilisasi Cegah Covid-19

Polres Trenggalek – Kepala kepolisian Resort Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. menjajal langsung bilik sterilisasi yang ditempatkan dihalaman depan Mapolres. Kamis (26/3).

Bilik kecil dengan penutup plastik transparan tersebut berfungsi menyemprotkan disenfektan bagi setiap anggota maupun pengunjung Mapolres. Saat masuk kedalam bilik, alat yang terpasang otomatis akan menyemprotkan cairan disinfektan sesuai dengan protokol kesehatan dari dinas kesehatan.

AKBP Jean Calvijn menuturkan, bilik sterilisasi ini merupakan fasilitas penunjang dalam upaya Polres Trenggalek mencegah penyebaran virus corona utamanya dilingkungan Ksatrian Kepolisian. Setiap pengunjung yang masuk, baik anggota Polri maupun masyarakat diwajibkan masuk kedalam bilik terlebih dahulu untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. Didalam bilik, satu persatu harus berdiri memutar dan otomatis menyemprotkan disinfektan ke seluruh tubuh.

“Ada beberapa prosedur yang harus dilalui sebelum anggota maupun pengunjung beraktifitas dalam ksatrian Mapolres.” Jelas AKBP Jean Calvijn

“Yang pertama, pengecekan suhu tubuh menggunakan thermal detector oleh petugas, kemudian diarahkan menuju bilik disinfektan dan terakhir mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik ataupun handsanitizer yang telah disediakan. Selain itu, semua pengunjung wajib mengenakan masker yang juga dibagikan secara gratis.” Imbuhnya

“Saat ini, penanganan Covid-19 menjadi prioritas kami. Berbagai daya upaya kami lakukan untuk memutus mata rantai penyebarannya. Salah satunya adalah menambah fasilitas bilik disinfektan ini” Jelas AKBP Jean Calvijn.

AKBP Jean Calvijn menambahkan, pada aspek yang lain, di Mapolres Trenggalek juga diberlakukan social distancing. Setiap anggota diwajibkan menjaga jarak aman 1,5 hingga 2 meter. Disamping itu, pihaknya menerapkan salam dada dan salam hormat sebagai pengganti bersalaman.

Sementara pada sisi ekternal, pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek terus bersinergi dengan instansi terkait lainnya untuk melakukan upaya menangkan virus corona di Kabupaten Trenggalek diantaranya dengan menggelar public address dan edukasi kepada masyarakat secara luas, membackup chek point di dua pintu masuk Trenggalek serta melakukan operasi cipta kondisi secara serentak.

“Sekali lagi, semua upaya dan kerja keras kita tidak ada artinya jika tidak didukung dengan komitmen kuat dan kerjasama dari semua elemen masyarakat untuk bersama-sama memerangi Covid-19 ini. Jaga jarak aman, jaga kebersihan, sering cuci tangan dan jalankan pola hidup sehat.” Pungkasnya