Hindari Terjadinya Banjir Ingatkan Warga Buang Sampah pada Tempatnya

Polres Trenggalek –  Melakukan pantauan wilayah merupakan hal utama, menjaga situasi wilayah tetap aman dan kondusif itu paling utama, seperti halnya menjadi skala prioritas pantauan permukiman penduduk unit patroli sabhara Polsek Karangan Polres Trenggalek dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dari para pelaku kriminalitas, serta kerawanan terjadinya bencana alam.

Hujan yang turun hampir setiap hari membuat debet air sungai diwilayah Kecamatan Karangan meningkat, hal ini turut diwaspadai petugas patroli Polsek Karangan Polres Trenggalek untuk rutin melakukan pengecekan di sungai-sungai yang ada diwilayah Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek.

Seperti halnya Sungai Cangkring yang terletak di Desa Sumberingin Kecamatan Karangan kali ini menjadi sasaran Patroli Polsek Karangan, mengingat sungai ini memiliki kerawanan yang tinggi terjadinya banjir dan wilayah sepanjang sungai merupakan wilayah pemukiman padat penduduk.

“Debet air sungai seusai hujan semalam tidak mengalami peningkatan debit air yang berarti, masih dalam ambang batas normal.namun tetap waspada, Diharapkan bila hujan lebat turun lagi air sungai tidak sampai meluap ke daratan hingga ke pemukiman penduduk maupun area persawahan dan juga jalan raya,” ujar Aipda Iskandar.

Salah satu cara untuk mencegah meluapnya air sungai saat banjir yaitu dengan memastikan tidak ada sumbatan dialiran-aliran saluran air baik berupa sampah maupun pohon-pohon tumbang yang tidak segera dibersihkan sehingga menghambat arus air sungai.

“Kami juga selalu menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sisa-sisa limbah maupun sampah ke sungai karena selain mengakibatkan pencemaran air juga menjadi penyebab utama banjir, untuk itu diperlukan kesadaran dan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga kebersihan dilingkungannya masing-masing,agar terhindar dari bencana” tegasnya.