Berikan Rasa Aman Jelang Lebaran, Polisi Tingkatkan Kewaspadaan dan Masifkan Patroli

Polres Trenggalek – Memasuki H-3 lebaran, jajaran kepolisian meningkatkan kewaspadaan dengen menggelar patroli secara masif diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. Tak tanggung-tanggung, seluruh perkuatan yang dimiliki ditambah personel BKO Brimob di kerahkan guna menjaga Kamtibmas kondusif.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.k., M.H. menegaskan, para prinsipnya kegiatan pengamanan tersebut merupakan agenda tahunan yang rutin digelar sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Peningkatan ekskalasi pengamanan tersebut mengacu pada dinamika Kamtibmas yang berkembang saat ini sekaligus melakukan sosialisasi dan imbauan terkait pencegahan pandemi covid-19 kepada masyarakat secara luas.

“Menjelang lebaran ini dinamika kamtibmas mengalami trend kenaikan. Kami, Polres Trenggalek memastikan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat benar-benar terjaga dan kondusif.” Jelas AKBP Jean Calvijn

Dalam pelaksanaanya, kepolisian berkolaborasi dengan instansi maupun stakeholder lainnya dengan mengedepankan pola preemtif dan preventif dibarengi dengan tindakan represif terukur disamping mengimbau masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah terkait dengan penerapan protokol kesehatan seperti menjauhi kerumunan, penggunaan masker, cuci tangan hingga physical distancing.

Sedangkan sasaran dari petugas pengamanan diantaranya adalah patroli pada lokasi pusat-pusat keramaian, kantor pelayanan publik, objek vital, chek point hingga pemukiman penduduk. Metode patroli yang diterapkan pun beragam mulai dari jalan kaki, bersepeda hingga mobile menggunakan kendaraan dinas.

“Kita kerahkan semua sumberdaya termasuk sarana prasarana yang ada. Semua demi terciptanya Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Trenggalek.” Imbuhnya.

“Pengamanan maksimal untuk Trenggalek aman, jogo jawa Timur untuk Indonesia maju” Imbuhnya

Jauh sebelumnya lanjut AKBP Jean Calvijn, pihaknya telah menyusun strategi pemeliharaan keamanan dengan mendirikan pos zona keamanan dan pos pantau di beberapa titik guna mengantisipasi tindak kriminal utamanya kejahatan jalanan.

Terkait dengan pencegahan Covid-19, AKBP Jean Calvijn mengimbau agar masyarakat tetap tinggal dirumah jika tidak ada keperluan yang mendesak serta menghindari kerumunan yang berpotensi menularkan virus yang mematikan tersebut termasuk mengenakan masker dan sering cuci tangan menggunakan sabun antiseptik. Pihaknya juga mengimbau bagi warga Trenggalek yang berada diluar kota atau provinsi lain untuk tidak mudik terlebih dahulu.

“Saatnya kita semua untuk peduli, bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga keluarga dan orang lain. Bersama-sama kita tangkal pandemi Covid-19.” Pungkasnya.