Patroli Keliling Kota, Tim Jalu Crime Squad Beri Rasa Aman Masyarakat

Polres Trenggalek – Ditengah kesibukannya mencegah dan mengawal penanganan pandemi corona, petugas Kepolisian terus semangat dalam menjalankan tugas dibidang keamanan dan ketertiban di wilayah khususnya menjelang Lebaran. Tak terkecuali Polres Trenggalek.

Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek telah mengambil langkah-langkah stratgeis dalam pemeliharaan Kamtibmas kondusif. Selain mendirikan pos pantau dan zona kamtibmas serta menggelar Operasi Ketupat Semeru 2020 juga menerjunkan tim taktis reaksi cepat yang dikenal dengan sebutan Jalu Crime Squad (JCS).

“Iya betul, dalam rangka menjamin rasa aman bagi masyarakat Trenggalek, Tim JCS kita libatkan dengan tugas utamanya yaitu penanganan kejahatan jalanan dan kriminalitas berkadar ancaman tinggi.” Ujar kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H.

Perwira menengah alumni Akpol tahun 1999 ini menuturkan,  selain patroli mobile dengan sasaran objek vital maupun tempat keramaian, tim asuhannya ini juga mengawasi dan memantau titik-titik rawan kejahatan jalanan.

Tak hanya itu, saat berpatroli tim JCS juga berinteraksi dengan masyarakat serta menyampaikan sosialisasi terkait pencegahan covid-19 serta mengimbau agar warga tidak berkerumun, memakai masker maupun tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

“Kemampuan tim JCS sangat komplit, dari pola preemtif, preventif sampai tindakan tegas terukur” Imbuhnya.

AKBP Jean Calvijn berharap, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh jajarannya ini, tumbuh optimisme masyarakat dan tercipta Kamtibmas yang mantap dan kondusif. Selain itu, tumbuh kesadaran masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai Covid-19.

Sebagai informasi, Tim JCS   beranggotakan 12 orang terlatih gabungan berbagai satuan kepolisian Polres Trenggalek. Dua orang diantaranya merupakan Polwan terbaik.  Sebagai komandan Tim adalah Iptu Eko Widi, S.H. dan Wadantim Bripka Joko Pranoto.

Dalam pelaksanaan tugas, tim JCS ini berada dibawah kendali langsung Kapolres Trenggalek, dan dibekali dengan sarana prasarana penunjang seperti kendaraan patroli, sepeda motor serta senjata api baik laras panjang maupun pendek.