Wujudkan Kamtibmas Kondusif, Polisi Gencarkan Patroli dan Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Polres Trenggalek – Sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia menyambut lebaran dengan suka cita. Demikian pula dengan aktivitas di pusat perbelanjaan cenderung meningkat signifikan. Namun lebaran tahun ini bisa dikatakan sedikit berbeda.

Ditengah pandemi Covid-19 yang masih melanda tanah air dan angka orang yang dinyatakan positif semakin tinggi, dibutuhkan kewaspadaan dan kepedulian segenap masyarakat untuk tetap menjaga diri agar terhindar dari paparan virus mematikan tersebut.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP randy Asdar, S.Kom., S.I.K. bersama beberapa personel gabungan lintas intansi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dibeberapa lokasi pusat perbelanjaan yang ada di kota Trenggalek. Kamis (21/5).

Dikonfirmasi terpisah, AKP Randy menjelaskan, tugas utama Kepolisian adalah memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat khususnya menjelang lebaran. Namun pada aspek yang lain kepolisian juga berkewajiban berupaya keras mencegah penularan virus corona yang diakibatkan oleh kerumuman masyarakat sendiri.

“Kita pastikan bahwa aktivitas di pusat pertokoan atau perbelanjaan benar-benar menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna menghindari tertular Covid-19.” Jelas AKP Randy

Masih kata AKP Randy, beberapa hal yang wajib ditaati warga saat berada di lokasi publik diantaranya kewajiban mengenakan masker, jaga jarak aman atau physical distancing hingga penyediaan tempat cuci tangan atau handsanitizer.

Namun demikian, lanjut AKP Randy pihaknya tetap mengimbau kepada warga agar tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang bersifat mendesak serta menghindari keramaian atau kerumunan serta tetap menjaga pola hidup sehat dan imun tubuh agar terhindar dari Covid-19.

Selain pusat perbelanjaan, Tim gabungan juga melakukan patroli jalan kaki, mengecek keamanan dan penerapan protokol kesehatan dibeberapa lokasi publik lainnya seperti kantor perbankan, pasar hingga jasa tukar uang baru yang mulai menjamur di pinggir jalan.

“Pandemi ini tidak bisa lagi dianggap remeh. Semua harus peduli dan berkomitmen untuk sama-sama mencegah dan memutus mata rantai penularan covid-19.” Pungkasnya.

Pihaknya berharap masyarakat tetap mematuhi dan mengkuti anjuran pemerintah sehingga Trenggalek yang aman dan terbeas dari covid-19 benar-benar bisa terwujud.