Pastikan Kondusif, Forkopimda Tinjau Pengamanan Malam Takbiran

Polres Trenggalek – Forkopimda Kabupaten Trenggalek mengunjungi pos pantau dan pos pengamanan rangka Operasi Ketupat Semeru 2020 dalam rangka pengamanan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di Desa Baruharjo Kecamatan Durenan. Sabtu (23/5).

Nampak hadir dalam rombongan antara lain Kapolres Trenggalek  AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H., Bupati H.M. Nur Arifin, Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos serta para pimpinan OPD dan pejabat utama lintas instansi.

AKBP Jean Calvijn menuturkan, kunjungan tersebut bukan sebatas seremonial belaka melainkan untuk meninjau secara langsung proses pengamanan oleh petugas gabungan berikut kesiapan perangkat pendukungn dalam pengamanan malam takbiran dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

“Memastikan bahwa semua petugas benar-benar siap siaga dan menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP yang ditentukan serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga pengamanan berjalan optimal” Jelas AKBP Jean Calvijn

AKBP Jean Calvijn menambahkan, pihaknya all out mengamankan malam takbiran ini. Selain mencegah kriminalitas seperti Curanmor, Curas maupun Curat, pihaknya juga berupaya mencegah terjadinya kerumuman, arak-arakan yang berpotensi menjadi media penularan Covid-19.

“Seluruh proses pengamanan harus bersifat humanis agar masyarakat merasakan kehadiran kita memberikan pengayoman, perlindungan dan rasa aman” Ujar AKBP Jean Calvijn

Kegiatan pengamanan dilaksanakan secara simultan dari tingkat Polres hingga Polsek jajaran. Keseluruhan melibatkan sumberdaya yang ada. Tak tanggung-tanggung perwira menengah alumni Akpol tahun 1999 ini menginstruksikan agar semua kendaraan operasional dikerahkan untuk melaksanakan patroli gabungan.

Masih kata AKBP Jean Calvijn, disamping itu, kunjungan tersebut juga di maksudkan untuk menggugah semangat sekaligus apresiasi kepada seluruh petugas yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaga demi memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat.

“Bentuk penghargaan dan apresiasi atas kinerja seluruh personel gabungan yang turut serta membantu pengamanan” Imbuhnya

Selain mengunjungi pos pengamanan, rombongan Forkopimda juga meninjau chek point covid-19 yang berada diterminal Durenan untuk mengecek secara langsung proses screening terhadap setiap orang, kendaraan dan barang yang masuk kabupaten Trenggalek.