Saat Kapolres Trenggalek Kunjungi Pojok Baca Kampung Tangguh

Polres Trenggalek – Kunjungan Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. bersama Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos. di Kampung Tangguh Desa Tegaren Kecamatan Tugu Trenggalek cukup menarik untuk disimak.

Di Kampung Tangguh desa Tenggaren terdapat salah satu lokasi yang cukup menarik perhatian bagi seorang AKBP Jean Calvijn yakni pojok baca yang ditempatkan tak jauh dari Posko Covid-19. Saat memasuki ruang tersebut, pihaknya mendapati beberapa anak yang tengah asyik membolak balik beberapa buku bacaan yang ada dihadapannya. Kamis (28/5).

AKBP Jean Calvijn menjelaskan, selama pandemi Covid-19 berlangsung, semua sekolah diliburkan sehingga praktis pelajar bahkan sampai mahasiswa diharuskan belajar mandiri di rumah. Untuk menambah literasi dan sumber belajar, pihaknya sengaja menyiapkan pojok baca tersebut sebagai salah satu fasilitas khususnya bagi anak-anak, pelajar dan mahasiswa.

“Semacam perpustakaan kecil, nanti sambil berjalan koleksi bacaannya akan kita tambah.” Ujar AKBP Jean Calvijn

AKBP Jean Calvijn menambahkan, dalam pelaksanaanya setiap pengunjung pojok baca wajib menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin ketat seperti wajib menggunakan masker, cuci tangan sebelum masuk hingga jaga jarak aman atau physical distancing.

Tujuannya adalah agar anak-anak dapat tetap menambah wawasan dan belajar dengan suasana yang menyenangkan meskipun dengan segala keterbatasan ditambah protokol kesehatan yang harus dilalui ditengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

“Sebagai sarana edukasi juga untuk anak-anak bagaimana harus berbuat menyikapi Pandemi Covid-19.” Imbuhnya

Pihaknya berharap dengan adanya kampung tangguh ini dapat membawa manfaat dan mampu meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Sebagai informasi, hari ini jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek meninjau langsung salah satu kampung tangguh tepatnya di desa Tegaren Kecamatan Tugu Trenggalek. Sebagai tahap awal, di Kabupaten Trenggalek telah dirintis lima kampung tangguh yakni Desa Tegaren Kecamatan Tugu, Desa Baruharjo Kecamatan Durenan, Desa Sumber Kecamatan Karangan, Desa Karangsoko dan Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek.

Adapun fasilitas yang disiapkan ditiap kampung tangguh antara lain terdapat posko yang bertugas mencatat secara administrasi seluruh rangkaian kegiatan, kepengurusan mewakili unsur warga, karang taruna dan elemen masyarakat, lumbung pangan, dapur umum, pojok baca, ruang isolasi dan chek point.