Inilah Inovasi Kampung Tangguh Semeru Sosutan Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek

Polres Trenggalek – Wabah virus covid 19 yang terjadi saat ini menjadi momok besar bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya takut terinfeksi virus yang mematikan ini, melainkan masyarakat tidak bisa beraktifitas seperti hari – hari sebelumnya yang berdampak penghasilan merekapun menghilang.

Sebagai manusia harapannya pandemi virus covid -19 ini segera berakhir tentunya dibarengi dengan upaya untuk mencegah virus ini tidak menyebar serta usaha supaya kehidupan tetap berjalan.

Salah satu wilayah di Kec. Trenggalek tepatnya di Sosutan Kelurahan Ngantru muncul relawan dari warga setempat tentunya dikomandoi oleh tiga pilar kelurahan serta lintas sektoral yang menjadikan Poskamling menjadi Posko relawan covid – 19 yang diberi nama “Kampung Tangguh Semeru Sosutan Kelurahan Ngantru Kec/Kab. Trenggalek”

Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek Kelurahan Ngantru Bripka Devit Dwi Hendri S pada saat patroli sambang menuturkan bahwa di Poskamling yang dijadikan posko relawan covid – 19 ini mempunyai fasilitas yang lengkap selain peralatan wajib Poskamling ada juga bagian untuk menyimpan koleksi buku.

“Itu namanya pojok baca, salah satu fasilitas di Posko kami, yang dipersiapkan untuk anak dan remaja. Tentunya sekian lama libur sekolah, anak – anak di kampung sini pasti rindu belajar bersama dengan membaca buku”, tutur Bripka Devit sambil menunjuk ke arah pojok buku disalah satu sudut Poskamling

Dan yang paling beda di kampung tangguh Semeru Sosutan Kelurahan Ngantru ini mempunyai inovasi gagasan yang dinamakan “patroli serbu corona” yakni ronda yang sudah menjadi tradisi warga sosutan untuk patroli berkeliling kerumah warga sekaligus mengambil uang jimpitan seribu rupiah yang telah disediakan warga diwadah bekas air mineral yang diletakan di depan rumah.

Kapolres Trenggalek dikonfirmasi melalui Kasat Binmas AKP Suyono, S.H.,M.Hum., pada saat asistensi sambang Poskamling dan selaku penggagas patroli serbu corona
mengatakan bahwa uang hasil patroli serbu corona tersebut bisa untuk kas dan dibelanjakan sembako yang nantinya akan disumbangkan kepada warga pandemi virus covid -19 yang membutuhkan.

“Monggo Poskamling yg lain membuat inovasi serupa, Insya Allah besar manfaatnya untuk lingkungan, kami siap membantu asistensi”, pesannya saat dikonfirmasi.

Sementara Ketua RT. 21 Sosutan Kelurahan Ngantru Sdr. Gunarji mengatakan bahwa patroli serbu corona ini telah berjalan sejak dicanangkan kampung tangguh semeru di wilayahnya.

“Inovasi patroli serbu corona ini kami laksanakan seminggu sebanyak 3 (tiga) kali, tentunya dengan uang seribu rupiah warga kami tidak keberatan, mengingat sangat besar manfaatnya”, ujarnya. (dev).