Saring Sebelum Sharing, Kunci Bijak Bermedsos

Polres Trenggalek – Memelihara stabilitas keamanan di wilayah desa binaan merupakan salah satu tugas personil Bhabinkamtibmas, begitu juga dengan memberikan pembinaan kepada kalangan remaja khususnya saat menggunakan media sosial.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Karangan Polsek Karangan Polres Trenggalek Bripka Agus Rizal Wahyudi saat tengah berpatroli di desa binaan dan mendapati sekelompok remaja usia sekolah tengah asyik menggunakan media sosial. Bhabinkamtibmas langsung dialogis dengan anak-anak guna menyampaikan imbauan dan pesan-pesan kamtibmas, Senin (15/06).

Saat berdialog, Bripka Agus rizal mengimbau kepada remaja agar bijak dan cerdas saat menggunakan internet dan media sosial, jangan hanya main game dan jangan sampai melakukan hal-hal yang dapat meresahkan masyarakat.

“Jangan terprovokasi oleh informasi yang belum pasti kebenarannya, dan jangan mudah menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya apalagi informasi tersebut dapat menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Bripka Agus.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas menganjurkan agar para pemuda tersebut mengakses hal-hal positif dari media sosial maupun internet, seperti halnya menambah wawasan ilmu pengetahuan maupun keterampilan karena hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka dikemudian hari.

Menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan lainnya harus cerdas dan hati-hati karena sudah ada aturan hukumnya yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Para remaja tersebut mengucapkan terimakasih kepada Bhabinkamtibmas karena telah diingatkan agar berhati-hati dalam bermedsos, serta disampaikannya konsekuensi hukum bila melakukan penyalahgunaan dalam menggunakan media sosial. Mereka juga berjanji akan berhati-hati saat menggunakan media sosial serta tidak akan melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan keresahan di dalam masyarakat.