Berikan Pelayanan Mantap, Samling Kampung Tangguh Semeru Hadir di Desa Karanggandu

Polres Trenggalek – Pemenuhan pelayanan Kepolisian kepada warga Kampung Tangguh Semeru yang berada di desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek terus dioptimalkan.

Seperti yang terlihat hari ini, sebuah mobil pelayanan Samsat Keliling (Samling) Kampung Tangguh Semeru sejak pagi sudah bersiap di lokasi. Selasa (16/6).

Program yang digagas Polres Trenggalek bekerja sama dengan Kantor Bersama Samsat Trenggalek ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat di Kampung Tangguh Semeru dalam hal pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Wakapolsek Watulimo Polres Trenggalek Ipda Cikini, S.Pd yang turut mengawal kegiatan di lokasi menjelaskan, Samling Kampung Tangguh Semeru ini khusus melayani perpanjangan pajak tahunan kendaraan bermotor.

“Program ini semacam jemput bola, untuk memberikan kemudahan warga di kampung tangguh semeru dalam hal pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor,” ujar Ipda Cikini.

Ia menambahkan, syarat untuk bisa menikmati pelayanan Samling tersebut sangat mudah, yakni warga hanya diminta menyiapkan STNK asli dan identitas asli sesuai STNK.

Lingkupnya pun tak hanya bagi warga di kampung tangguh semeru saja, warga sekitar atau yang tinggal di wilayah kecamatan Watulimo juga boleh menikmati pelayanan Samling tersebut.

“Syaratnya warga harus bawa STNK asli dan identitas diri asli sesuai STNK. Identitas diri bisa KTP atau SIM. Program ini tak hanya untuk warga kampung tangguh semeru saja, tapi juga melayani warga sekitar atau yang tinggal di wilayah kecamatan Watulimo,” tandasnya.

Sementara itu, mewakili warga Desa Karanggandu Kades Hj. Umtingah, S.Pd mengaku puas dengan kualitas pelayanan petugas.

“Pelayanan cepat dan praktis. Kami tak harus turun ke kota untuk melakukan pembayaran pajak tahunan. Jadi lebih hemat biaya, tenaga, dan waktu,” ungkapnya.

Masih di lokasi yang sama, petugas pelayanan yang merupakan anggota Satlantas Polres Trenggalek dan staf UPT Trenggalek Dipenda Jatim itu juga dilengkapi dengan standarisasi protokol kesehatan.

Selain memakai masker, petugas pun dilengkapi dengan face shield guna mencegah penularan Covid-19.

“Petugas wajib memakai masker dan face shield. Ini merupakan SOP kami guna mendukung upaya pencegahan Covid-19,” kata Aipda Suyatno yang merupakan petugas Samling Kampung Tangguh Semeru dan juga anggota Satlantas Polres Trenggalek ini.

Dari penjelasannya pula, jadwal Samling Kampung Tangguh Semeru itu pun dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Kami terus berkeliling di seluruh wilayah Trenggalek. Nanti jika jadwalnya di wilayah Kecamatan Watulimo lagi akan kami informasikan sehari sebelumnya,” pungkas Suyatno.