Optimalkan Kampung Tangguh Semeru, Polres Trenggalek Terjunkan Bhabinkamtibmas

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. meminta agar para Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Trenggalek berperan aktif mendukung suksesi Kampung Tangguh Semeru (KTS) sebagai salah satu upaya Kepolisian dalam keikutsertannya mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh AKBP Doni saat memberikan arahan kepada Kanitbinmas Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek yang digelar di Rupatama Mapolres. Selasa (16/6).

“Bhabinkamtibmas adalah leading sector pembinaan dan pengawasan kampung tanggung semeru di masing-masing wilayah. Jalankan tugas sebaik-baiknya agar Kampung tangguh semeru benar-benar bisa optimal dalam menekan dan menangkal penyebaran Covid-19.” Ucap AKBP Doni.

Kabupaten Trenggalek lanjut AKBP Doni, telah masuk zona kuning. Dengan peran Bhabinkamtibmas pihaknya berharap Trenggalek bisa masuk zona hijau dan tidak ada lagi penambahan masyarakat yang terpapar Covid-19.

AKBP Doni menambahkan dalam menjalankan tugasnya, Bhabinkamtibmas kerap turun kedesa-desa sehingga tercipta kedekatan emosional antara petugas dengan masyarakat dan dinilai benar-benar mengetahui seluk beluk permasalahan dan karakter warga setempat.

Kedekatan tersebut merupakan modal kuat untuk membangun Kamtibmas yang kondusif dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat setempat dalam menyelesaikan setiap permasalahan di tingkat desa.

“Kita telah launching FKPM di tingkat Kabupaten, saya minta ditingkat Kecamatan dan desa atau kelurahan segera dibentuk sebagai wadah komunikasi dan media problem solving.” Imbuhnya

Selain itu masih kata AKBP Doni, Bhabinkamtibmas juga bisa berkontribusi positif mengangkat kearifan lokal maupun potensi yang ada di desa binaan yang berdasarkan pertimbangan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai ekonomi bagi warga setempat.

“Saya yakin dan percaya, Bhabinkamtibmas kita adalah orang-orang pilihan yang memang memiliki kompetensi dibidang itu. Teruslah berbuat, berprestasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara.” Pungkasnya

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H., Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum, pejabat utama Polres Trenggalek, para Kanitbinmas dan Bhabinkamtibmas Rayon 1.