Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme, Polres Trenggalek Gelar Latihan Dalmas

Polres Trenggalek – Guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, Kepolisian Resort Trenggalek terus mengintensifkan berbagai pelatihan bagi anggotanya. Mulai dari kemampuan perorangan hingga ikatan kelompok peleton dan kompi.

Menindaklanjuti hal tersebut, Polres Trenggalek menggelar latihan pengendalian massa atau Dalmas yang diselenggarakan di halaman Mapolres dan diikuti oleh sejumlah personel yang telah ditunjuk. Sabtu (26/6).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kabagops Kompol Supiyan, S.Sos. menegaskan pada dasarnya pelatihan ini untuk merefresh kembali peran masing-masing anggota dalam ikatan peleton Dalmas dimana pelatihan seperti ini sudah kerap dilakukan.

Selain itu, kegiatan tersebut adalah implementasi dari Motto `Mantap` yang merupakan kependekan dari Melayani, Terpercaya dan Profesional yang dicanangkan oleh Kapolres Trenggalek.

“Meningkatkan profesionalisme dalam hal pengendalian massa. Jadi, jika dibutuhkan bisa digerakkan sewaktu-waktu.” Ungkap Kompol Supiyan.

Lebih lanjut Kompol Supiyan mengatakan, pelatihan Dalmas ini merupakan bentuk kesiapsiagaan menghadapi perkembangan dan dinamika Kamtibmas baik ditingkat lokal, regional maupun nasional yang membutuhkan kewaspadaan  dan gerak cepat dalam memelihara dan menjaga kondusifitas wilayah.

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19 dan melibatkan personel cukup banyak, pelatihan digelar secara bergantian dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap personel yang terlibat wajib mengenakan masker, mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan diharuskan melalui sejumlah prosedur seperti pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan antiseptik.

Materi pelatihan yang diberikan meliputi tim negosiator yang didominasi oleh Polwan, Peleton Dalmas awal dan Kompi Dalmas lanjutan. Sedangkan bertindak selaku instruktur adalah Ipda Suyono, S.H. dan Aiptu Agus B.S. yang sudah cukup berpengalaman dalam bidang pengendalian massa.