Kapolres Trenggalek Pimpin Upacara Ziarah Hari Bhayangkara ke-74

Polres Trenggalek – Upacara Ziarah dan tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74 di Trenggalek berlangsung Khitmad. Senin (29/6).

Upacara yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trenggalek yang berada di Desa Jarakan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si dan diikuti oleh pejabat utama, pengurus Bhayangkari Cabang Trenggalek dan para purnawirawan Polri yang tergabung dalam organisasi PP Polri Kabupaten Trenggalek.

Dikonfirmasi usai kegiatan, AKBP Doni menuturkan, keberadaan Polri hari ini tak bisa lepas dari peran dan jasa para Pahlawan dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dimana Kepolisian turut ambil bagian dari sejarah Republik Indonesia.

“Wujud penghormatan dan penghargaan kita kepada para Pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi NKRI. Kita sebagai generasi penerus wajib mengisi kemerdekaan ini dengan memberikan pengabdian yang terbaik bagi bangsa dan negara.” Ujar AKBP Doni.

Selain di lokasi TMP, kegiatan ziarah juga dilakukan di makam AKP R. Roestamadji yang merupakan Kapolres pertama di Trenggalek yang berlokasi tepatnya komplek pemakaman Setono Gedong Kelurahan Ngantru Trenggalek.

Menurut AKBP Doni, AKP R. Roestamdji merupakan sosok yang bisa menjadi suri tauladan bagi anggota Polri saat ini. Dalam cacatan sejarah, peran AKP Roestamdji cukup sentral dalam membangun dan membesarkan Kepolisian di masanya.

AKP R. Roestamdji merupakan salah satu saksi yang menandatangani penyerahan pemerintahan di Trenggalek oleh perwakilan Belanda kepada pemerintah RI. Pada hari yang sama, AKP R. Roestamadji juga menerima penyerahan tanggung jawab keamanan dari Holand Police (HP) kepada Kepolisian RI di Trenggalek.

Untuk mengenang jasa-jasanya, Polres Trenggalek kemudian menamai salah satu ruangan VVIP dengan sebutan Ruang Roestamadji dan membangun musium dengan nama yang sama. Bukan itu saja, nama AKP Roestamadji juga diabadikan sebagai nama jalan di Desa Nglebo Kecamatan Suruh.

Dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-74 ini, AKBP Doni berpesan kepada seluruh anggota Polri dimanapun berada untuk terus berkarya dan memberikan pengabdian terbaiknya bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Selamat Hari Bhayangkara ke-74. Terus tingkatkan profesionalisme kerja dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif” Pungkasnya