Kreatif, Polantas Trenggalek Sulap Mobil Patroli Jadi Media Edukasi Covid-19 Bagi Anak-Anak

Polres Trenggalek – Satlantas Polres Trenggalek memeiliki cara unik untuk memperingati hari Bhayangkara ke-74. Satuan Kepolisian yang membidangi kelalulintasan ini menggelar acara Polsanak (Polisi Sahabat Anak) bersama puluhan anak di wilayah pesisir tepatnya di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Rabu (1/7).

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Randy Asdar, S.Kom., S.I.K., menuturkan, kegiatan yang bertajuk `Polsanak Kampung Tangguh` tersebut sengaja digelar bersamaan dengan peringatan Hari Bhayangkara untuk berbagi kebahagiaan dan sukacita bersama anak-anak dan menanamkan kecintaan kepada Polri.

“Polsanak Kampung Tangguh merupakan inovasi dan program kreatif dalam rangka mendukung Kampung Tangguh Semeru yang dicanangkan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, S.I.K., M.Si. dan implementasi dari slogan `Mantap` Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. yang berarti Melayani, Terpercaya dan Profesional.” Ungkap AKP Randy.

Masih kata AKP Randy, kedepan Tim Polsanak ini akan berkeliling ke kampung tangguh yang tersebar di seluruh Kabupaten Trenggalek. Sasarannya adalah anak-anak usia sekolah tingkat TK/Paud maupun Sekolah Dasar.

“Kebetulan anak-anak masih belajar dirumah. Jadi kita berikan kegiatan yang bersifat edukatif kepada mereka.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kanitdikyasa Satlantas Aipda Ali Wibowo yang memimpin langsung kegiatan tersebut  mengungkapkan, sedikitnya ada puluhan anak-anak yang hadir dan bergabung dalam kegiatan Polsanak tersebut.

Agar lebih semarak, Aipda Ali menggelar berbagai permainan seru dan seperti biasa pihaknya telah menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi anak-anak. Tak ketinggalan maskot Satlantas `Si Bolis` atau Boneka Polisi turut ambil bagian menghibur dan bernyanyi bersama anak-anak.

“Materi yang kita berikan seputar tertib dan keselamatan berlalu lintas. Kemudian karena saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, kita sampaikan juga edukasi tentang protokol kesehatan seperti penggunaan masker, bagaimana cuci tangan yang baik dan menjaga jarak aman agar tidak tertular Covid-19.” Jelas Aipda Ali

Tak berhenti disitu, Tim Edukasi Satlantas ini juga menyiapkan satu kendaraan khusus yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Bagasi kendaraan dirubah menjadi wastafel portable yang digunakan sebagai tempat praktek cuci tangan lengkap dengan sabun cair.

Meskipun terlihat sederhana, namun dengan kepiawaiannya, tim Polsanak mampu memberikan wawasan dan pengetahuan kepada anak-anak guna meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Harapannya, upaya kami ini bisa sedikit banyak menekan penularan Covid-19 khususnya bagi anak-anak di Kabupaten Trenggalek.” Pungkasnya.