Inspiratif, Polisi Bekali Supeltas Tuna Rungu Metode Pengaturan Lalu Lintas

Polres Trenggalek – Keberadaan Sukarelawan Pengatur Lalulintas atau yang dikenal dengan sebutan Supeltas di Kabupaten Trenggalek cukup banyak membantu tidak hanya bagi petugas Kepolisian tetapi juga masyarakat utamanya para pengendara.

Supeltas banyak ditemui di simpang-simpang jalan baik pertigaan mapun perempatan diseputar kota Trenggalek khususnya pada siang hingga sore hari. Para Supeltas ini membantu mengatur lalu lintas hingga menyeberangkan warga dengan imbalan seikhlasnya. Bahkan tak sedikit diantaranya merupakan menyandang difabel tuna rungu wicara.

Menyikapi hal tersebut Satlantas Polres Trenggalek berupaya melakukan pembinaan dengan menggelar pelatihan sehari pengaturan lalu lintas bagi para supeltas tuna rungu wicara di Kabupaten Trenggalek. Sedikitnya belasan Supeltas tuna rungu wicara mengikuti kegiatan ini.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di ruang tunggu Satpas SIM tersebut dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Randy Asdar, S.Kom., S.I.K. didampingi beberapa personel unitdikyasa. Rabu (29/7).

“Agar lebih efektif, kita hadirkan salah satu guru bahasa isyarakat dari SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek untuk membantu kita berkomunikasi” Ungkap AKP Randy.

“Ini merupakan salah satu bentuk perhatian kita kepada saudara-saudara kita yang memiliki kekurangan tetapi juga tetap bersemangat berkarya dan membantu masyarakat melalui Supeltas ini.” Imbuhnya

AKP Randy menegaskan, Para supeltas ini sehari-harinya melakukan pengaturan jalan dan tentunya perlu dibekali dengan pengetahuan dan wawasan terkait dengan tatacara pengaturan lalu lintas yang baik dan benar sehingga mudah dipahami oleh para pengendara dan pengguna jalan.

“Materi yang kita sampaikan berkisar tentang tata cara pengaturan lalu lintas yang safety baik berupa gerakan tangan maupun menggunakan alat bantu seperti lampu lalu lintas hingga tanda stop. Langsung kita praktikkan dilapangan” Ujar AKP Randy.

Masih kata AKP Randy, saat ini kebetulan sedang digelar operasi Kepolisian `Patuh Semeru` 2020 yang salah satu tujuannya adalah menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Dengan pelatihan sehari ini, kebaradaan Supeltas diharapkan sedikit banyak bisa membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Trenggalek.