Siskamling, Peran Serta Masyarakat dalam Upaya Menjamin Kamtibmas Terjaga

Polres Trenggalek – Dalam rangka upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Karangan Polres Trenggalek, anggota yang sedang piket Aipda Iskandar dan Bripka Didik melaksanakan kegiatan patroli dan cek pos kamling serta cek warga yang sedang berkumpul, Sabtu (01/08/20).

Dalam kesempatan tersebut, petugas menyinggahi Pos Kamling yang berada di Dusun Karangan Desa Karangan Kecamatan Karangan, guna menyampaikan pesan-pesan serta memberikan himbauan kepada warga yang tengah berada di Pos Kamling.

“Kami berharap kepada warga yang melaksanakan ronda supaya meningkatkan kewaspadaan, patroli keliling kampung pada jam-jam rawan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas,” ujar Bripka Didik.

Salah satu petugas ronda malam tersebut mengungkapkan, “Dengan kegiatan patroli dan cek Pos Kamling dari petugas Kepolisian Sektor Karangan diharapkan situasi kamtibmas di wilayah Kecamatan Karangan tetap terjaga, kami juga akan meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya tamu atau orang asing guna mengantisipasi masuknya kelompok radikal dilingkungan ini,” Cetus salah seorang warga.

Di tempat terpisah, Kapolsek Karangan Polres Trenggalek AKP Sutrisno membenarkan apa yang telah dilakukan anggotanya, Patroli rutin dan cek kegiatan pos kamling yang dilaksanakan oleh petugas piket Polsek Karangan sangat ditekankan, Bertujuan untuk mengajak warga untuk lebih meningkatkan partisipasi terhadap keamanan dilingkungan tempat tinggal masing-masing dengan melakukan ronda secara bergantian sehingga lingkungan tempat tinggal selalu aman dan kondusif.