Masifkan Penyebaran Pamflet Protokol Kesehatan, AKP Puguh : Sanksi tentang Pelanggarannya Cukup Jelas

Polres Trenggalek – Penyebaran pamflet yang berisi Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 terus digencarkan personel di Kepolisian Sektor Bendungan.

Di setiap kesempatan, para Bhabinkamtibmas Polsek Bendungan pun selalu menyempatkan diri menempelkan imbauan tersebut di tempat-tempat strategis yang juga mudah terpantau masyarakat.

Disinggung mengenai kegiatan tersebut, Kapolsek Bendungan, AKP Puguh Wardoyo, S.H.,M.H. menjelaskan, bahwa tujuannya agar masyarakat semakin disiplin untuk menerapkan pencegahan terhadap penularan Covid-19.

“Sosialisasi tentang Inpres Nomor 6 Tahun 2020 terus kami masifkan agar masyarakat semakin disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan,” ujar AKP Puguh.

Ia menambahkan, untuk perlindungan kesehatan individu, masyarakat wajib menggunakan alat pelindung diri, jaga jarak, memakai masker, cuci tangan secara teratur, dan terus membudayakan pola hidup bersih.

Sementara perlindungan yang mencakup kesehatan masyarakat secara luas, sebuah institusi maupun swasta yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat wajib menyediakan hand sanitizer, penerapan mekanisme pengaturan jarak, deteksi dini melalui pengecekan suhu, dan pembersihan fasilitas secara berkala.

“Sanksi yang diterapkan juga cukup jelas, meliputi teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial, denda administratif, bahkan penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha,” tandas AKP Puguh.

Harapannya, dengan peningkatan kedisiplinan tersebut, angka penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Trenggalek terus menurun.