Melalui Safari Jum`at, Polres Trenggalek Gugah Kesadaran Warga Patuh Prokes

Polres Trenggalek – Berbagai upaya dilakukan jajaran Polres Trenggalek dalam mengedukasi masyarakat guna mencegah dan meminimalisir penyebara Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Mulai dari public Address, bagi-bagi masker gratis hingga penertiban bersama stake holder lainnya.

Sedikit berbeda, Satbinmas Polres Trenggalek yang dimotori oleh AKP Suyono, S.H., M.Hum, memanfaatkan kegiatan Safari Jumat yang merupakan program rutin jajarannya sebagai media penyalur edukasi taat protokol kesehatan.

Seperti halnya yang ia lakukan siang ini. Bersama beberap anggotanya, AKP Suyono menggelar Safari Jum`at di Masjid Nurul Falah Desa Ngares Kecamatan Trenggalek. Usai menjalankan ibadah salat Jum`at bersama warga setempat, AKP Suyono meminta waktu barang beberapa menit untuk menyampaikan pesan Kamtibmas. Jum`at (21/8).

“Angka terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia khususnya wilayah kabupaten Trenggalek masih terus mengalami pertambahan, meskipun angka kesembuhan juga terbilang tinggi.” Ujar AKP Suyono di hadapan para jamaah.

“Oleh sebab itu dibutuhkan semangat dan kesadaran dari masyarakat dan panjengan sedoyo (Anda semua.red) untuk bersama-sama mencegah penularan virus corona. Caranya bagimana? Disiplin menjalankan protokol kesehatan. Pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak aman atau physical distancing” Imbuhnya.

AKP Suyono menegaskan bahwa saat ini telah diterbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Hal ini merupakan salah satu bentuk ketegasan dan keseriusan pemerintah untuk menanggulangi pandemi virus yang mematikan ini.

“Mencegah lebih baik dari mengobati. Kesadaran Protokol kesehatan harus tumbuh dari diri sendiri dan menjadikan sebagai kebiasaan baru.” Tambahnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Trenggalek Dr. KH. Syafi’i, M.Hi. yang kebetulan bertindak selaku imam salat jumat di lokasi yang sama menyatakan dukungan dan apresiasinya kepada jajaran Polres Trenggalek yang seolah tak pernah lelah mengingatkan masyarakat terkait protokol kesehatan.

“Ikhtiar ini perlu kita dukung terus dan disampaikan secara luas kepada masyarakat agar Kabupaten Trenggalek bisa bebas dari pandemi covid-19” Ucapnya.