Pasien Positif Semakin Bertambah, Upaya Pencegahan tak mau kalah

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Salamrejo Polsek Karangan Polres Trenggalek Brigadir Novit Gustya Wahoro,S.Pd bersama Tiga Pilar Desa Salamrejo dan juga Tim Gugus Tugas Penangan Covid-19 Kecamatan Karangan bergerak cepat melakukan upaya pencegahan meluasnya penularan covid-19 dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan disekitar rumah seorang warga Rt 12 Rw O5 di Dusun Ngingas Desa Salamrejo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek.

Langkah tersebut dilakukan menyusul keluarnya hasil tes swab salah satu warga Dusun Ngingas yang terkonfirmasi positif covid-19. Namun begitu, meski dinyatakan positif covid-19, akan tetapi kondisi pasien dinyatakan Dokter dalam keadaan sehat sehingga bisa melakukan isolasi mandiri dirumah.

“Penyemprotan disinfektan yang kami lakukan disekitar rumah warga terkonfirmasi positif covid-19 ini sebagai upaya pencegahan penularan serta memutus rantai penyebaran virus covid-19 yang semakin meluas. Disamping itu kami juga mengimbau kepada keluarga pasien untuk melakukan physical distancing saat berada didalam rumah dan juga melakukan isolasi mandiri,” ujar Bhabinkamtibmas.

Selain dilakukan penyemprotan, pelacakan orang-orang yang kontak langsung dengan pasien terus dilakukan, guna memutus rantai penyebaran covid-19.

“Keluarganya sudah diisolasi dan diambil sample swabnya. Untuk hasil uji pengambilan sample swab itu, kita masih menunggu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Jadi belum bisa diketahui hasilnya positif atau tidak, jika Positif akan di bawa ke RS Dr. Soedomo dan jika negatif dilakukan Isolasi mandiri,” pungkasnya.