Grebeg Pasar Dalam Rangka Sosialisasi Inpres No 06 tahun 2020

Polres Trenggalek – Pasar merupakan salah satu pusat aktivitas masyarakat yang dinilai sangat rentan menjadi klaster penularan Covid-19. menindak lanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) sekaligus mengkampanyekan `Jatim Bermasker`.

Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki S.H mendampingi Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. melakukan blususukan kepasar, membagian masker kepada para pengunjung pasar, pedagang kaki lima dan pengguna jalan yang melintas di sekitar lokasi yang tidak memakai masker, serta penempelan pamflet Inpres No.6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Pengakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, di Area Pasar Nglongah Desa Sumberingin Kecamatan Karangan.

Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring sesuai pemberitaan sebelumnya mengatakan, hingga saat ini angka Covid-19 masih mengalami peningkatan. Oleh sebab itu perlu kerja keras dari seluruh stake holder terkait untuk selalu konsisten menyuarakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat luas.

“Kami dari Kepolisian dan TNI bersinergi menggugah kesadaran masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya adalah menggunakan masker saat beraktivitas khususnya diluar rumah,” ungkapnya.

kegiatan selain membagikan masker, pihaknya juga memberikan edukasi langsung kepada warga masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Edukasi dari hati kehati, kita sampaikan secara langsung kepada masyarakat. Tujuannya untuk menggugah kesadaran masyarakat agar bisa mandiri melindungi diri dan keluarga supaya terhindar paparan Covid-19,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki juga ikut membagikan masker, memakaikan pada anak yang tidak menggunakan masker, serta
mensosialisasi sehubungan Inpres No.6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Pengakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta menyampaikan sangsinya berupa, teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial, denda administratif dan penghentian penutupan sementara bagi penyelenggara usaha.

Pembagian masker ini merupakan implementasi dan dukungan Kepolisian terhadap program Jatim Sehat, Jatim bermasker, dalam upaya menekan angka penularan virus corona, pasar merupakan salah satu lokasi vital penggerak ekonomi masyarakat. Dimana bisa dipastikan banyak masyarakat atau warga yang datang dan beraktivitas, yang jika tidak diperhatikan bisa berpotensi menjadi media penularan Covid-19.”ungkapnya.

“Itu sebabnya, jajaran Kepolisian saat ini sangat konsen melakukan edukasi protokol kesehatan menyasar tempat-tempat keramaian seperti pasar, pusat perbelanjaan maupun fasilitas umum lainnya, saya yakin dan percaya, dengan komitmen kita bersama didukung kesadaran masyarakat yang tinggi mematuhi protokol kesehatan akan dapat menekan penyebaran dan mewujudkan wilayah kita bebas Covid-19.” tandas AKP Tri Basuki.