Kapolres Trenggalek Sosialisasikan Prokes Kepada Pengunjung Pasar Desa Sumberirngin

Polres Trenggalek – Keseriuasan Polres Trenggalek dalam upaya mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 tak diragukan lagi. Berbagai kegiatan premtif maupun preventif digelar hampir setiap hari memberikan edukasi kepada masyarakat luas terkait dengan Covid-19.

Akhir pekan ini dimanfaatkan oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si., untuk menggelar soasialisasi dan kampanye protokol kesehatan. Kali ini, kegiatan tersebut menyasar pedagang dan pengunjung pasar yang berada tepatnya di Desa  Sumberringin Kecamatan karangan, Kabupaten Trenggalek. Sabtu, (22/8).

Selain berkeliling menyapa para pengunjung pasar, AKBP Doni juga mensosialisasikan terkait dengan protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan upaya jajaran Kepolisian untuk menertibkan penerapan protokol kesehatan dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

“Iya benar, pagi ini kami bersama jajaran TNI dan Pemerintah daerah bersinergi untuk mengingatkan warga khususnya pengunjung pasar Sumberirngin Kecamatan Karangan agar mematuhi dan mentaati protokol kesehatan.” Jelas AKBP Doni

“Bukan untuk siapa-siapa tapi untuk kebaikan dan keselamatan bersama.” Imbuhnya.

Lebih lanjut orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini menuturkan, pasar hewan ini dipilih sebagai salah satu lokasi sosialisasi mengingat pasar merupakan salah satu pusat aktivitas masyarakat yang dinilai sangat rentan menjadi klaster penularan Covid-19.

Masih kata AKBP Doni, kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) sekaligus mengkampanyekan `Jatim Bermasker`.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Doni membagikan masker kepada warga yang kebetulan berada di pasar tersebut. Ia juga membagikan leaflet berisi tentang imbauan pentingnya menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjag ajarak aman. Bahkan perwira menengah alumni Akpol tahun 2000 ini tak segan menegur warga yang abai atau acuh tak mengenakan masker.

“Kegiatan semacam ini akan terus kita lakukan. Konsistensi ini penting menggugah kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan.” Pungkasnya.