Peduli Sesama, Kapolsek Watulimo Ajak Anggotanya Lakukan Donor Darah

Polres Trenggalek – Ratusan anggota Polres Trenggalek dan Bhayangkari mengikuti bakti sosial donor darah yang digelar di ruang publik terbuka Mapolres. Selain anggota Polri, beberapa warga yang kebetulan berada di Mapolres turut berpatrisipasi menyumbangkan darahnya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Sabtu (22/8).

Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H yang mengikuti kegiatan bersama sejumlah personelnya mengatakan, donor darah tersebut digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-68 dan Hari Jadi Polisi Wanita yang jatuh tepat pada tanggal 1 September 2020 mendatang.

“Memperingati HKGB ke-68 dan Hari Jadi Polisi Wanita ke-72 dengan tema Polwan Siap Mewujudkan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif. Sekaligus menggugah kepedulian, empati dan simpati kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan darah.” Ujar AKP Suraji.

AKP Suraji menuturkan, pandemi Covid-19 turut berpengaruh terhadap ketersediaan stok darah dan berdampak pula terhadap penurunan relawan pendonor darah di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Trenggalek. Sementara pada sisi yang lain, kebutuhan darah masih cukup tinggi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Oleh sebab itu, Kepolisian bekerjasama dengan PMI Kabupaten Trenggalek berupaya membantu dengan mengerahkan personelnya sebagai pendonor darah. Dalam prosesnya tentu tetap memperhatikan ptotokol kesehatan dimana pendonor wajib menggunakan masker sedangkan petugas medis mengenakan APD lengkap.

Aksi donor darah ini lanjut AKP Suraji sebenarnya sudah rutin digelar oleh jajaran Kepolisian, Kerjasama dengan PMI sudah terjalin baik dan kerap melakukan kegiatan serupa yang melibatkan keluarga besar Polres Trenggalek.

“Kurang lebih ada sekitar 200 orang dari Polres dan Polsek beserta anggota Bhayangkari. Tetapi kemungkinan bisa bertambah lagi karena kita umumkan dan imbau secara terbuka kepada seluruh anggota.” Imbuhnya

Pihaknya berharap, aksi donor darah ini membawa manfaat dan bisa menginspirasi masyarakat lainnya untuk melakukan hal yang sama. Setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi saudara-saudara yang membutuhkan.