Kunjungi Gereja, Polres Trenggalek Sosialisasikan Prokes dan Inpres 6 Tahun 2020

Polres Trenggalek – Totalitas jajaran Polres Trenggalek dalam mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 layak diapresiasi. Bagaimana tidak, hari libur sepertinya tak berlaku bagi petugas Kepolisian di Trenggalek.

Hari Minggu ini justru dimanfaatkan untuk menggencarkan sosialisasi patuh protokol kesehatan di beberapa lokasi. Tak terkecuali lingkungan gereja dimana cukup banyak warga yang mengikuti ibadah.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum yang kebetulan memimpin langsung kegiatan sosialisasi hari ini. Minggu (23/8).

“Iya benar, Kami dari Polres Trenggalek bersama dengan Satgas Pramuka Peduli dan tokoh agama bersinergi menyampaikan sosialisasi terkait dengan protokol kesehatan dan Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid -19.” Ungkap AKP Suyono.

Masih kata AKP Suyono, kegiatan ini diselenggarakan serentak di sejumlah gereja di kabupaten Trenggalek. Khusus wilayah kecamatan dilaksanakan oleh Polsek jajaran berkolaborasi dengan instansi terkait dan stakeholder lainnya. Sedangkan wilayah kota Trenggalek, personel dibagi menjadi beberapa tim kecil untu masing-masing gereja dipimpin oleh seorang perwira pengendali.

Didepan para jemaat geraja AKP Suyono mengajak semua elemen masyarakat agar meningkatkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga masing-masing denga cara selalu pakai masker, jaga jarak, cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih.

Terkait dengan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 menegaskan bahwa bagi warga yang melanggar protokol kesehatan akan dikenalan sanlsi berupa teguran lisan/tertulis, kerja sosial, denda administratif, serta penghentian dan penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Suyono bersama anggota juga membagikan masker gratis kepada segenap jemaat gereja yang hadir serta menemplekan pamflet pada papan pengumuman tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mencegah Covid-19 serta aturan sanksinya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan semakin meningkat selaras dengan menurunnya angka covid-19 di Kabupaten Trenggalek.