Gelar Penertiban Prokes, Wakapolres Trenggalek: Ada Sanksi Bagi Pelanggar

Polres Trenggalek – Kepolisian bersinergi bersama dengan stake holder lainnya terus bekerja keras menangkal dan mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Kegiatan edukasi dan sosialisasi digelar hampir setiap hari diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek dari area pusat perbelanjaan, pasar, fasilitas umum hingga pemukiman penduduk.

Tak hanya sebatas tindakan preventif dan persuasif, petugas gabungan juga akan memberikan sanksi berupa teguran lisan/tertulis, kerja sosial, denda administratif, serta penghentian dan penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Satgas Gabungan penanganan Covid-19 Kabupaten Trenggalek saat menggelar sosialisasi disiplin protokol kesehatan di pasar subuh kelurahan Surodakan Trenggalek. Seorang warga terpaksa dikenai sanksi kerja sosial menyapu pelataran pasar karena didapati tak mengenakan masker. Bukan itu saja, ia juga wajib mengenakan masker berwarna orange bertuliskan `Pelanggar Perbup No. 31 tahun 2020`. Senin (24/8).

Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H., yang memimpin langsung kegiatan tersebut bersama Kasdim 0806 Mayor Inf. Sapto Tiyarso, S.Pd. dan Kasat Pol PP Drs. Triyadi, M.Si. menuturkan, tindakan tegas terhadap pelanggar protokol kesehatan merupakan tindak lanjut dan implementasi dari Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid -19.

“Tindakan tegas ini diperlukan untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan masyarakat. Edukasi, sosialisasi dan kampanye masif sudah kita gelar. Jika tetap tak mengindahkan akan ada sanksi.” Ungkap Kompol Mujito

Untuk memutus mata rantai Covid-19 ini lanjut Kompol Mujito, tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah semata. Diperlukan komitmen dan kesadaran dari semua elemen masyarakat untuk selalu disiplin protokol kesehatan. Wajib memakai masker, sering cuci tangan dan menjaga jarak aman.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Mujito dan personel gabungan juga membagikan masker gratis dan leaflet terkait dengan pelaksanaan Inpres Nomor 6 tahun 2020 serta tips sederhana bagaimana mencegah dan meminimalisir penularan Covid-19.

“Saat ini disiplin adalah vaksin. Tetap waspada. Disiplin Pakai masker ketika beraktivitas, Disiplin cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan Disiplin physical distancing. Saya yakin dan percaya masyarakat Kabupaten Trenggalek adalah masyarakat yang tertib dan memiliki rasa kebersamaan yang tinggi dalam menangkal Covid-19. Bersama kita bisa” Pungkasnya.