Antisipasi Karhutla, Polres Trenggalek Gelar Rakor Berama Stakeholder

Polres Trenggalek – Wilayah geografis Kabupaten Trenggalek banyak didominasi oleh pegunungan dan hutan. Hampir setiap tahun kerap terjadi kebarakan hutan yang disebabkan oleh cuaca panas di musim kemarau panjang.

Guna mengantisipasi kebarakan hutan dan lahan (Karhutla) Kepolisian Resort Trenggalek menggelar Rapat koordinasi (Rakor) bersama sejumlah instansi terkait yang dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. Selasa (25/8).

Dalam acara yang digelar dirupatama Mapolres Trenggalek tersebut nampak hadir diantaranya  Pejabat utama Polres Trenggalek, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Trenggalek Didik Susanto, Pasi Ops Kodim 0806 Trenggalek Kapten Inf Rohmad Karim, Waka ADM Kediri Selatan Adi Nugroho, BPBD Trenggalek Ahmad Budiarto, Satppl PP Trenggalek Marjono, Kapolsek dan Koramil se kabupaten Trenggalek serta perwakilan LMDH.

AKBP Doni mengatakan, Rakor ini digelar dengan tujuan menyamakan persepsi dari pengalaman dari tahun ke tahun serta sebagai media evaluasi dan perbaikan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Karhutla menjadi atensi secara nasional dan Presiden telah mengintruksikan agar wilayah pro aktif dan bertanggungjawab penuh penanganan Karhutla di daerah masing-masing. Untuk itu perlu diskusi dan saling berbagi informasi terkait rencana kedepan menyongsong musim kemarau sekaligus mengantisipasi jika terjadi Karhutla.

“Saya sudah perintahkan kepada Kapolsek jajaran agar memetakan kembali titik-titik rawan Karhutla. Kemudian saya minta bersinergi bersama stakholder lainnya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarat untuk bersama-sama mencegah Karhutla” Ujar AKBP Doni.

Sementara itu, Waka ADM Kediri Selatan Adi Nugroho menyampaikan apresiasi jajaran Polres Trenggalek atas inisiasi digelarnya Rakor tersebut. Pihaknya menyatakan siap mendukung dan bersinergi dengan berbagai pihak guna pencegahan Karhutla.

Senada, dari perwakilan BPBD Kabupaten Trenggalek menegaskan pihaknya siap menerjunkan personel dimasing-masing kecamatan guna mengantisipasi kebakaran hutan termasuk penanggulangan dilapangan.

Dengan Rakor ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal dan menyamakan langkah penanganan Karhutla di Kabupaten Trenggalek.