Forkopimda Trenggalek Resmikan KTS Desa Bogoran Kecamatan Kampak

Polres Trenggalek – Satu lagi Kampung Tangguh Semeru (KTS) di Kabupaten Trenggalek diresmikan. Ya, KTS yang berada di Kecamatan kampak tepatnya di Desa Bogoran ini diresmikan langsung oleh Bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek. Selasa (25/8).

Prosesi peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin disakasikan oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si, Dandim 0806 Letkol Arh Uun Samsons Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol. Muspika Kecamatan Kampak, Kepala desa se Kecamatan kampak dan segenap tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya AKBP Doni menuturkan, dengan diresmikannya Kampung Tangguh Semeru ini diharapkan dapat menjadikan Desa Bogoran sebagai sebuah Desa yang tangguh dan kuat dalam berbagai aspek. Bukan hanya tangguh dari pandemi Covid-19 namun juga radikalisme, Karhutla dan gangguan Kamtibmas lainnya.

Penanganan Covid-19 tidak bisa parsial. Dibutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat. Oleh karenanya AKBP Doni mengajak semua warga untuk peduli dan saling bertanggungjawab terhadap diri sendiri maupun lingkungan didukung dengan semangat gotong royong.

“Terkait dengan upaya pencegahan Covid-19, saya minta warga mematuhi protokol kesehatan. Gunakan masker, cuci tangan atau handsanitizer dan physical distancing. ” Ujar AKBP Doni

Lebih lanjut AKBP Doni menegaskan, saat ini telah terbit Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid -19.

“Akan ada sanksi bagi yang melanggar diantaranya teguran lisan/tertulis, kerja sosial, denda administratif, serta penghentian dan penutupan sementara penyelenggaraan usaha” Imbuhnya

Sementara itu, Bupati Trenggalek yang akrab disapa Cak Ipin mengatakan Kampung Tangguh Semeru saat ini finilai sebagai salah satu langkah paling tepat dalam penanganan pandemi covid-19 maupun gangguan Kamtibmas.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi kerja keras seluruh kepala desa dan gugus tugas di Kecamatan kampak dimana pandemi covid-19 tergolong rendah dan tidak terbentuk cluster dalam jumlah yang besar.

Bupati muda ini juga mengajak seluruh masyarakat disiplin menerapkan protokoler kesehatan, utamanya menggunakan masker dan menjadikan sebagai budaya dan malu apabila keluar rumah tanpa mengenakan masker.

“Masker harus melekat pada diri kita dalam seluruh kegiatan sehari – hari” Ujar Cak Ipin

Sedangkan Dandim 0806 Letkol Arh Uun Samsons Sugiharto menekankan bahwa pihaknya siap bersinergi langkah kepolisian dan pemkab Trenggalek dalam pencegahan Covid-19. Pihaknya juga mengajak warga tertib protokol kesehatan demi memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

“Sesuai dengan Inpres nomor 6 tahun 2020, warga wajib mengenakan masker dalam aktivitas sehari-harinya dan jangan kaget apabila ada sanksi ataupun teguran ketika mendapati warga yang tidak mengenakan masker.” Ucapnya

Acara ditutup dengan penandatanganan prasasti peresmian Kampung Tangguh Semeru Desa Bogoran dan dilanjutkan meninjau ruang dan fasilitas penunjang di lokasi tersebut.

Sebagai informasi, sampai hari ini Polres Trenggalek telah merintis sedikitnya 55 Kampung tanggung semeru. 19 diantaranya merupakan KTS yang berada di desa atau kelurahan. Kemudian Ponpes Tangguh Semeru sejumlah 6 Ponpes, pasar dan swalayan tangguh semeru 3 lokasi, Hotel tangguh Semeru 1 lokasi, Ksatrian tangguh semeru 3 lokasi, Sekolah dan Gudep Tangguh 21 dan wisata tangguh ada 2 lokasi.

Diharapkan dengan keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini mampu menekan tingkat penyebaran Covid-19 dan merubah Kabupaten Trenggalek yang saat ini masuk Zona kuning menjadi zona hijau atau bahkan bebas dari Covid-19.