Satgas Gabungan Kabupaten Trenggalek Gelar Penertiban Prokes

Polres Trenggalek – Petugas Kepolisian bersama TNI dan Satpol PP Kabupaten Trenggalek kembali memberikan teguran dan sanksi kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Beberapa warga yang kebetulan ditemukan tidak memakai masker, diwajibkan mengenakan rompi oranye bertulisakan pelanggar Perbup nomor 31 tahun 2020.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk ketegasan sekaligus menggugah kesadaran masyarakat agar taat protokol kesehatan saat beraktivitas maupun berada di lokasi yang berpotensi menjadi tempat berkumpulnya massa.

Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H. yang memimpin langsung kegiatan bersama beberapa personel dari Kodim 0806 dan Satpol PP Kabupaten Trenggalek di pasar hewan kelurahan Tamanan kecamatan Trenggalek menuturkan, ketegasan petugas dengan memberikan sanksi sosial ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Selasa (25/8).

“Kita implementasikan Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 6 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati No. 31 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid – 19 guna memutus mata rantai Covid-19” Tegasnya.

Lebih lanjut Kompol Mujito menegaskan, kegiatan serupa akan terus digencarkan hingga wilayah kecamatan dan pelosok desa. Menurutnya, saat ini Kabupaten Trenggalek telah masuk zon akuning dengan risiko rendah. Dengan penertiban secara konsisten diharapkan bisa menuju zona hijau bahkan bebas dari Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut, Satgas gabungan juga membagikan masker gratis kepada para pengunjung dan menyampaikan edukasi melalui public address serta menempelkan leaflet terkait disiplin protokol kesehatan di beberapa titik strategis.