Ada Personel Polsek Dongko di Pengamanan Gerakan Aksi Massa

Polres Trenggalek – Pagi ini personel Polsek Dongko ikut bergabung bersama anggota TNI Kodim 0806 Trenggalek dan personel Polsek jajaran Polres Trenggalek serta SatPol-PP melaksanakan apel dalam rangka persiapan pengamanan gerakan aksi massa yang di gelar oleh masyarakat terdampak Bendungan Bagong dari Desa Sumurup dan Sengon Kecamatan Bendungan di BPN Kabupaten Trenggalek.

Dari pelaksanaan apel kesiapan pengamanan itu diambil oleh Wakapolres Trenggalek KOMPOL Mujito bersama KOMPOL Supiyan selaku KabagOps Polres Trenggalek yang selanjutnya memberikan arahan dan cara bertindak sesuai dengan prosedur tetap (protap) juga penempatan anggota sesuai ploting.

Pada kesempatan tersebut kabagOps Polres Trenggalek, memberikan arahan kepada seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan unjuk rasa agar tidak terpancing emosi, tetap jaga keamanan diri, massa aksi adalah saudara kita.

“Lakukan pengamanan sesuai dengan SOP pengamanan, harus tingkatkan Profesionalisme dalam pelaksanakan tugas dan hindari sikap arogansi dalam bertindak dilapangan serta kedepankan sikap Humanis. Kita harus siap jalankan tugas pelayanan juga pengamanan seperti yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.” Tegas KOMPOL Supiyan.

Dalam melaksanakan pengamanan tersebut para personel gabungan bergerak dalam satuan peleton dengan pimpinan perwira pengendali, juga tetap menjaga protokol kesehatan untuk mencegah virus covid 19. Dan Pihak Polres Trenggalek juga berupaya menjadi mediator agar aspirasi yang disampaikan dapat tersalurkan dan ditindaklanjuti oleh stakeholder terkait.

Sementara itu Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si., yang ikut terjun dalam kegiatan pengamanan menyampaikan bahwa sudah instruksikan kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan pengamanan ini dengan mengedepankan pola preemtif dan preventif didukung sikap yang humanis.

“Sejak awal sudah saya instruksikan kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan pengamanan ini dengan mengedepankan pola preemtif dan preventif didukung sikap yang humanis. Tujuannya adalah agar kegiatan penyampaian aspirasi ini bisa berjalan dengan aman tertib dan lancar,” kata AKBP Doni Satria Sembiring.

Sudah menjadi tugas kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah mengawal dan mengamankan kegiatan aksi ini. Dan terima kasih kepada korlap aksi hingga selesai kegiatan berjalan aman dan lancar. Ujarnya.