Minimalisir Potensi Bencana Alam dan Kebakaran Hutan, Patroli Polsek Bendungan Hingga Wilayah Perbatasan

Polres Trenggalek – Mengisi kegiatan hari ini, Brigadir Rata Manola bersama personel jaga menggelar patroli di kawasan rawan bencana alam dan kebakaran hutan.

Dimulai dari kawasan wisata Dilem Wilis, pemantauan di lokasi bencana ini hingga perbatasan Kabupaten Tulungagung, Selasa (8/9/2020).

“Selain pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, kegiatan siang ini meninjau titik-titik rawan bencana alam dan kebakaran hutan,” kata Brigadir Nola.

Ia melanjutkan, selain melakukan peninjauan di lokasi, Brigadir Nola juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bawah lereng gunung atau tebing curam untuk selalu mawas diri.

“Rentan terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi. Masyarakat yang tinggal di lereng gunung atau di bawah tebing sudah kami imbau untuk waspada dan segera melapor jika insiden bencana alam tersebut terjadi,” tandasnya.

Sebaliknya, kata Brigadir Nola, masyarakat juga diimbau tidak melakukan pembakaran ilalang atau sejenisnya guna mencegah kebakaran hutan.

“Menjelang musim kemarau, apalagi teriknya matahari ketika siang hari rawan menimbulkan kebakaran hutan. Masyarakat sudah kami tekankan agar tidak membakar ilalang atau sejenisnya di area hutan. Jika lengah, percikan api yang terkena hempasan angin bisa dengan cepat melahap area sekitarnya,” pungkasnya.