Pimpin Pengamanan Audiensi Warga, Kapolres Trenggalek: Kedepankan Persuasif Humanis

Polres Trenggalek – Sejumlah warga mendatangi kantor BPN Kabupaten Trenggalek. Kedatangan masyarakat yang merupakan warga Desa Surup dan Sengon Kecamatan Bendungan ini bertujuan untuk penyampaikan aspirasi dan audiensi terkait dengan proses pembangunan bendungan Bagong. Selasa (8/9).

Guna memberikan pelayanan sekaligus pengamanan, Kepolisian Resort Trenggalek menurunkan personelnya. Sejumlah petugas nampak berjaga-jaga diseputaran kantor BPN yang berada di Jalan Brigjen Soetran Trenggalek.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. yang memimpin langsung jalannya pengamanan tersebut mengatakan, pihaknya memberikan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi sebagaimana amanat undang-undang nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka umum.

“Dalam pelaksanaannya, mengedepankan pola persuasif dan humanis. Kita pastikan bahwa apa yang ingin sauadara-saudara kita sampaikan bisa tersalurkan dengan baik” Jelas AKBP Doni.

Lebih lanjut orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini menegaskan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 dimana penyebaran atau penularannya sangat cepat, pihaknya juga mengimbau kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Iya, jadi apapun kegiatannya tetap wajib mematuhi protokol kesehatan. Kita imbau agar semua mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman atau physical distancing. Jangan sampai yang tujuannya baik justru menjadi klaster baru covid-19” Ujar perewira menengah alumni Akpol tahun 2000 ini.

Sementara itu Kabagops Polres Trenggale Kompol Supiyan, S.Sos menuturkan, dalam pengamanan ini, pihaknya mengerahkan sedikitnya 120 personel gabungan dari Polres dan Polsek jajaran ditambah personel Kodim 0806 dan Satpol PP Damkar.

Pengamanan terbagi menjadi tiga ring. Ring pertama berada di area kantor BPN, Ring kedua menjangkau jalan raya dan akses masuk kota dan ring tiga pengamanan rute dan patroli mobile.

“Kami berikan pengawalan dari titik kumpul hingga lokasi kantor BPN. Kemudian dilibatkan juga Polwan sebagai tim negosiator.” Ujar Kompol Supiyan.

“Alhamdulillah, kegiatan sampai selesai berjalan aman, tertib dan lancar.” Pungkasnya.