Aksi Simpatik Polsek Watulimo, Temui Warga dan Bagikan Masker Gratis

Polres Trenggalek – Aksi simpatik personel Polsek Watulimo Polres Trenggalek menuai apresiasi dari sejumlah warga. Sejumlah petugas patroli membagikan masker gratis kepada warga saat menggelar patroli di seputaran Kecamatan Watulimo.

Patroli tidak hanya menyasar jalan protokol saja melainkan hingga blusukan ke pemukiman penduduk. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekaligus edukasi tentang protokol kesehatan guna mecegah dan meminimalisir Covid-19 di wilayah Kabupaten Trenggalek. Rabu (9/9).

Kanit Patroli Sabhara Polsek Watulimo Aiptu Sutikno menuturkan, dalam rangka turut serta mendukung upaya percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, pihaknya telah menginstruksikan agar dalam setiap kegiatan patroli baik preemtif, preventif maupun represif selalu menyelipkan pesan-pesan terkait dengan protokol kesehatan.

“Secara khusus, petugas patroli menyapa warga serta melaksanakan public address dan edukasi tentang protokol kesehatan seperti kewajiban menggunakan masker, kemudian cuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta menjaga jarak aman atau physical distancing.” Jelas Aiptu Sutikno.

Sementara itu Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H, menambahkan kegiatan patroli kali ini menyasar jalan protokol, lokasi wisata, tempat keramaian, sekolah hingga pemukiman penduduk.

“Berkeliling melaksanakan publik address dan berinteraksi dengan masyarakat secara langsung. Kita sampaikan tentang Inpres nomor 6 tahun 2020 dimana ada sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan.” Ungkap AKP Suraji.

Pihaknya berharap dengan digencarkan sosialisasi ini, kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat selaras dengan menurunnya angka terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Salah satu warga yang kebetulan sedang melintas sempat  dihentikan oleh petugas dan menerima masker gratis memberikan apresiasi kepada petugas Kepolisian atas inisiatif dan kerja kerasnya dalam mengingatkan dan menggugah kesadaran warga agar patuh Protokol kesehatan.

Menurutnya, tindakan pro aktif tersebut sangat efektif dalam mengolah keterlibatan masyarakat secara mandiri dan mengajak berkomitmen patuh protokol kesehatan.

“Maturnuwun pak polisi untuk maskernya. Semoga pandemi covid-19 segera berakhir.” Ujarnya.