Gelar Kampanye Disiplin Prokes, Polres Trenggalek Bagikan Ribuan Masker

Polres Trenggalek – Kepolisian bersinergi dengan TNI, pemerintah daerah dan stakeholder lainnya terus gencak mensosialisasikan protokol kesehatan dalam upaya mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Baru-baru ini jajaran Polres Trenggalek menginisiasi digelarnya kampanye pemakaian masker sebagai bentuk implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 guna mendorong penerapan adaptasi kehidupan baru, peningkatan disiplin protokoler kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional di Kabupaten Trenggalek. Kamis (10/9).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan, kampanye pemakaian masker dan protokol kesehatan ini merupakan tindak lanjut dari program “Jatim Bermasker” yang telah digelar sebelumnya.

Selain jajaran Forkopimda, dalam kegiatan ini juga melibatkan komunitas masyarakat, penyelenggara Pemilu, partai politik hingga bakal pasangan calon Pilkada Kabupaten Trenggalek.

“Disiplin protokol kesehatan utamanya pemakaian masker merupakan vaksin paling efektif. Kami bersama dengan TNI dan Pemerinah daerah terus bersinergi untuk mendisiplinkan masyarakat sesuai dengan intruksi presiden nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid -19” Ungkap AKBP Doni.

Sementara itu Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi kegiatan yang dimotori oleh Polres Trenggalek ini. Menurutnya, Kepolisian cukup sigap dan pro aktif mensosialisasikan disiplin prokes sebagaimana Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Perbup nomor 31 tahun 2020 yang mengatur tentang sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

“Harapannya warga semakin disiplin menggunakan masker. Kita lihat di pasar-pasar sebagian besar sudah tertib menggunakan masker.” Ucap Bupati yang akrab disapa Cak Ipin ini.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan komitmen bersama yang pada intinya berisi tentang kesanggupan mematuhi, mentaati dan menjalankan protokol kesehatan secara serius, konsisten dan berkesinambungan serta menjadikan Pilkada 2020 sebagai momen penerapan adaptasi daru dan menjadi pelopor protokol kesehatan.

Tak berhenti disitu, acara dilanjutan dengan gowes bersama diseputaran kota Treggalek dan membagikan masker gratis kepada masyarakat dan pengunjung pasar sore dan pasar pon. Menurut rencana, sedikitnya 7000 masker akan dibagikan serentak diseluruh kecamatan se Kabupaten Trenggalek. Dalam pelaksanaannya akan melibatkan para relawan dan elemen masyarakat lainnya.