Ini Tujuan Patroli Perbatasan Polsek Kampak dalam Rangka Harkamtibmas Wilayah

Polres Trenggalek – Petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Kampak Polres Trenggalek pada pagi dan malam hari melaksanakan patroli Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) hingga batas wilayah perbatasan Gandusari Kampak masuk Desa Sugihan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Kaspkt Polsek Kampak Aiptu Paijan dan Aipda Gunawan melaksanakan patroli di Desa Sugihan yang berbatasan dengan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, Rabu malam (9/9).

Saat ditemui disela Patrolinya, Aiptu Paijan mengatakan “dalam giat patroli, tidak hanya memprioritaskan wilayah di area objek vital atau tempat yang ramai saja, akan tetapi kami sampai wilayah pedesaan hingga batas wilayah Desa maupun Kecamatan tak luput dari pantauan petugas,” jelasnya.
Berdasar pantauan responden, Regu Patroli Polsek Kampak ini tidak hanya sistem mobiling, akan tetapi juga melakukan sistem dialogis dengan warga yang ditemui, guna menyampaikan pesan-pesan serta imbauan kamtibmas.

“Saat dialogis, kami menyampaikan imbauan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan demi antisipasi penyebaran covid-19, tentu selain memberikan pesan kamtibmas untuk berhati hati menjaga keamanan lingkungan dari tindak kejahatan,” ujar Pak Paijan singkat.

Terpisah, Kapolsek Kampak Iptu Andi Salbi, Amd.Kep, S.H, saat ditanya terkait patroli tersebut mengungkapkan “ untuk mencegah dan menangkal timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta untuk penguatan kemitraan, sekaligus menjalin keakraban serta mendekatkan partisipasi kamtibmas, maka Polsek Kampak selalu melaksanakan Patroli baik patroli perbatasan, perbankan, pertokoan dan pemukiman, dengan sistem dialogis agar lebih mengena ke masyarakat” terang Kapolsek.

Lebih Lanjut Ia menerangkan, bahwa patroli diperbatasan untuk mencegah hal diatas juga untuk menekan/ mencegah terjadinya laka lantas, karena lokasi perbatasan dengan Gandusari ini merupakan simpang 4 dan kondisi menikung, dengan kehadiran Polisi paling tidak bisa mengatur arus lalu lintas, ujarnya.

Masih menurut Iptu Andi, “dalam rangka mendukung atensi pemerintah tentang antisipasi penyebaran covid-19, maka kami juga berikan imbauan ketika patroli kepada warga yang kami temui”, imbuhnya.