Polsek Watulimo Sosialisasikan Disiplin Prokes secara Persuasif

Polres Trenggalek – Satgas Inpres nomor 6 tahun 2020 dari Kepolisian menggelar penertiban di pasar tradisional Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Penertiban ini dilakukan untuk melihat secara langsung pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat khususnya para pedagang dan pengunjung pasar tersebut. Jumat (11/9).

Penertiban oleh Satgas yang dipimpin langsung oleh Wakapolsek Watulimo Polres Trenggalek Ipda Cikini, S.Pd dan sejumlah personelnya tersebut berkeliling dan meninjau aktivitas jual beli. Sesekali petugas menyapa dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang kebetulan berada di lokasi tersebut.

“Kehadiran kami untuk memastikan bahwa protokol kesehatan benar-benar dijalankan dengan baik guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.” Ujar Ipda Cikini.

Tak sekedar meninjau, Satgas juga melakukan public address dan mengajak semua warga agar mematuhi dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dengan malakukan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak aman atau physical distancing.

Tak ketinggalan, petugas juga mengingatkan bahwa saat ini telah diterbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta Perbup nomor 31 tahun 2020 yang mengatur tentang sanksi bagi pelanggar mulai dari teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial, denda administratif dan penghentian penutupan sementara penyelenggara usaha.

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H.,M.H menambahkan dalam kesempatan tersebut, Satgas juga membagikan masker gratis kepada para pedagang dan pengunjung pasar serta menempelkan leaflet terkait dengan disiplin protokol kesehatan dan tips mencegah penularan Covid-19.

“Kita berharap, disiplin protokol ini menjadi kebiasaan dan budaya baru di masyarakat sehingga angka terconfirmasi Covid-19 ditekan seminimal mungkin dan menjadikan Trenggalek bebas dari virus corona.” Pungkasnya.