Semangati Warga Bhabinkamtibmas Larut Budi Daya Porang

Polres Trenggalek-Polsek Munjungan tugaskan Bhabinkamtibmas sebagai duta bidang pertanian, guna mendukung dan mensukseskan program Pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid19.

Salah satunya adalah Aiptu Agoes Presetyo, Seorang bintara tinggi dari Polsek Munjungan-Polres Trenggalek. Selain bertugas sebagai Anggota Bhabinkamtibmas dengan mengampu satu Desa binaan yaitu Desa Sobo, Aiptu Agoes Prasetyo tersebut telah mampu mengemban peran tugasnya dengan baik sebagai Bhabinkamtibmas yang aktif, produktif dan inovatif bersama Masyarakat untuk turut mensukseskan program Pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi Covid19 yaitu dengan cara budidaya tanaman Porang.

Bermodalkan domisilinya yang di Desa, Agoes Prastyo telah mengajak lingkungan dan sebagian warganya yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani untuk ikut bergabung bersama PPCI (Pecinta Porang Cerdas Indonesia) Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek guna belajar bersama bagaimana cara budidaya tanaman Porang yang baik dan benar.

Upayanya untuk mengenalkan tanaman porang lewat budidaya terpadu tersebut ternyata direspon positif oleh kalangan Masyarakat yang sedikit demi sedikit ikut bergabung untuk saling belajar dan beredukasi lebih dalam tentang tanaman porang yang tergolong sebagai pendatang baru dikalangan petani tersebut.

Terbukti pada Sabtu (12/9) pagi, Aiptu Agoes Prasetyo bersama Masyarakat yang tergabung dalam anggota kelompok antusias turun langsung ke lahan budidaya Porang untuk mempraktekkan teknis-teknis penanaman yang benar sesuai petunjuk yang telah diintruksikan oleh pembimbing. ” Kami berharap, apa yang telah diintruksikan oleh pembimbing dapat dicerna dengan baik sebagai akses bagi Masyarakat untuk dapat mengembangkan produktifitas pertaniannya guna menunjang kesejateraan dan ketahanan pangan juga sebagai petani yang maju, moderen, inovatif dan cerdas bukan hanya saat Pandemi Corona19, namun juga untuk kelangsungan hidup mendatang” pungkas Agoes.

Diketahui, Porang adalah merupakan tanaman sejenis umbi umbian yang sering dijumpai di hutan. Uniknya, porang baru diketahui oleh Masyarakat bahwa memiliki nilai jual yang sangat tinggi pun juga sebagai komoditi ekspor ditanah air. Porang sendiri selain bermanfaat sebagai bahan pangan juga sebagai bahan kosmetik dan bahan obat-obatan. Untuk pembibitanya porang bisa diambil dari potongan umbi batangnya ataupun umbinya yang memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil), dengan masa panen sekitar 1 tahun. (Red/AA)