Cetak Generasi Tangguh, Saka Bhayangkara Polres Trenggalek Gelar Ujian Kenaikan Tingkat

Polres Trenggalek – Kepedulian Kepolisian terhadap masa depan generasi muda tak perlu diragukan lagi. Berbagai kegiatan digelar guna memberikan edukasi dan membangun semangat kebangsaan dan nasionalisme tinggi disamping mengelola sumber daya manusia agar memiliki kemampuan atau skill sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Dibidang kepanduan, Kepolisian memiliki Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara yang secara konsisiten telah mencetak generasi millenial yang tagguh, tanggon dan trengginas guna mendukung dan membantu tugas-tugas  Kepolisian sesuai dengan tataran kewenangan yang dimilikinya.

Demi mengembangkan kepramukaan, Polres Trenggalek menggelar ujian kenaikan tingkat, Pencabed dan Senior Saka Bhayangkara. Kegiatan ini digelar selama dua hari terhitung mulai hari sabtu tanggal 12 September 2020 kemarin.

“Iya benar, hari ini adalah penutupan ujian kenaikan tingkat bagi adik-adik Saka Bhayangkara Polres Trenggalek. Kegiatan dilaksanakan dua hari dalam bentuk perkemahan Sabtu-Minggu” Jelas AKP Suyono. Minggu (13/9).

Masih kata AKP Suyono, pelaksanaan ujian kenaikan tingkat ini sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaannya pun menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Wajib pakai masker dan face shiled, kemudian cuci tangan di tempat yang telah disediakan dan wajib jaga jarak aman” Imbuhnya.

Sementara terkait dengan ujian kenaikan tingkat itu sendiri lanjut AKP Suyono meliputi materi 4 Krida yang wajib dipahami dan diketahui oleh seluruh anggota Saka Bhayangkara. Masing-masing krida memiliki syarakat kecakapan khusus (SKK) diantaranya Krida ketertiban masyarakat (Tibmas), Lalu lintas (Lantas), Pencegahan dan penanggulangan bencana (PPB) dan Tempak Kejadian perkara (TKP).

“Jadilah Saka Bhayangkara yang tangguh dan aplikasikan dilapangan dengan 4 Krida yang sudah diberikan. Tetap jalin silaturahmi antara senior dan junior dan teruslah berkarya.” Ucap AKP Suyono saat memimpin upacara penutupan di halaman Mapolres Trenggalek.