Pengamanan Ibadah Gereja di Trenggalek, Polisi Ingatkan Prokes

Polres Trenggalek  – Salah satu rutinitas bagi anggota Polres Trenggalek setiap hari Minggu pagi adalah melaksanakan pengamanan ibadah kebaktian bagi saudara-saudara umat kristiani di gereja-gereja di Kabupaten Trenggalek.

Pengamanan dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman serta memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan, sedikitnya ada 8 gereja diseputaran kota yang dilakukan pengamanan. Sedangkan yang berada di wilayah kecamatan pengamanan dilaksanakan secara mandiri oleh petugas Polsek jajaran bersama instansi terkait.

Gereja tersebut antara lain, Gereja Pantekosta Ebermikel (GPT)  Emanuel, Gereja Pantekosta di Indonesia (GPDI) Pemulihan, Gereja Kristen Abdel (GKA) Hosanna,Gereja Jawi Wetan (GKJW) di jl Monginsidi, Gereja Utusan Pantekosta di Indonesia (GUPDI), Gereja Injil Kristen Nusantara (GKIN) AGAPE jl Ronggo Warsito, Gereja Baptis Indonesia  (GBI)  Terang Dunia dan Gereja Katolik Santa Maria.

“SOP nya sterilisasi terlebih dahulu dari Tim Satsabhara kemudian dilanjutkan dengan pengamanan oleh petugas lainnya. Dalam pelaksanannya bekerjasama dengan pemuda gereja setempat” Ujar AKBP Doni

Dalam satu gereja, lanjut AKBP Doni disiapkan personel sedikitnya 5-10 orang petugas. Bergantung dari jumlah jemaat yang hadir serta kerawanan Kamtibmas berdasarkan perkiraan intelijen. Masing-masing titik dipimpin oleh seorang perwira pengendali. Selain memaspitikan keberadaan personel juga semua cara bertindak yang dilakukan harus sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.

“Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, kita juga lakukan pengawasan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, penyiapan fasilitas cuci tangan dan kewajiban menjaga jarak aman” Pungkasnya