Dialogis di Wisata Goa Ngerit, Petugas Polsek Kampak Sosialisasikan Inpres No. 6

Polres Trenggalek – Sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban sekaligus untuk mengantisipasi adanya penyebar luasan virus Covid-19 di wilayah hukum, personel kepolisian Sektor Kampak melakukan patroli dialogis di tempat fasilitas umum seperti tempat wisata yang ada di wilayah hukum Polsek Kampak, Goa Ngerit atau Ngerit Stone Park. Minggu (21/08).

Hari libur tentu dimanfaatkan warga untuk berlibur ketempat wisata. Maka,patroli polsek kampak menyasar Wisata goa ngerit yang bertujuan untuk selalu mengingatkan pengunjung wisata goa ngerit untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah corona COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah yang tertuang dalam Inpres (Instruksi Presiden) No.6 Tahun 2020, tanggal 04 Agustus 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Imbauan tersebut disampaikan kepada para petugas jaga loket Goa Ngerit maupun warga pengunjung melalui personel Polsek Kampak yakni Aiptu Suwarno bersama anggota Sulisno yang langsung turun ke lokasi tempat wisata Goa Ngerit, yang selanjutnya dengan menjelaskan menggunakan leaflet, keduanya mengajak masyarakat selalu mengggunakan masker, membersihkan tangan dengan sabun, tidak berkumpul terlalu dekat dan meningkatkan imunitas diri guna mencegah penyebaran Corona, dan juga penegakan hukum bagi yang melanggar.

Ditempat terpisah, Kapolsek Kampak Iptu Andi Salbi, Amd.Kep., S.H. menjelaskan, bahwa pihaknya akan lebih gencar melakukan patroli dan imbauan, agar masyarakat mematuhi anjuran pemerintah sesuai dengan Inpres No.6 Tahun 2020, terkait aturan hukum.

“Kami terus membantu pemerintah dalam memutus penyebaran Corona, harapannya dengan imbauan Inpres ini yang dilakukan setiap hari, masyarakat semakin memahami pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan tidak anggap remeh virus corona. Selain juga masyarakat bisa tahu tentang penegakan hukum yang tertuang didalam inpres, seperti sanksi teguran tertulis, kerja sosial dan denda administratif, serta penghentian atau penutupan sementara penyelenggaran usaha, ,” jelas Iptu Andi.

Sementara itu masyarakat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Polsek Kampak dalam mensosialisasikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 sebagai Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) yang harus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

“Dengan adanya leaflet disertai penjelasan oleh pak polisi tadi, kami jadi tahu bahwa tidak patuh prokes ada ketentuan hukumnya, terimakasih Kepolisian utamanya Sektor Kampak atas imbauan dan sosialisasi tentang inpres ini” ujar salah satu pengunjung.