Kapolres Trenggalek: Operasi Yustisi Prokes Tekan Penyebaran Covid-19

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek bersinergi bersama stakeholder menggelar operasi yustisi. Operasi ini merupakan implementasi dari Perda Jatim nomor 2 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Senin (14/9).

Dalam operasi yang digelar di halaman parkir Agropark ini melibatkan puluhan personel gabungan dengan sistem sidang ditempat. Fokus dari operasi yustisi itu sendiri adalah penegakan hukum untuk mendidiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. yang turut hadir memimpin kegiatan tersebut menjelaskan, Tindakan tegas berupa operasi yustisi ini bertujuan lebih mendisiplinkan masyarakat sehingga tumbuh kesadaran dan konsistensi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Selain petugas Polri, kita libatkan personel dari Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan Satpol PP Kabupaten Trenggalek” Jelas AKBP Doni.

Masih kata AKBP Doni, dalam upaya penegakan disiplin protokol kesehatan terdapat beberapa regulasi yang menjadi pedoman dalam bertindak yakni Inpres Nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020, Pergub 53 tahun 2020 dan Perbup nomor 31 tahun 2020.

Pihaknya menegaskan bahwa ada sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan baik perorangan maupun badan usaha. Dari teguran lisan/tertulis, membubarkan kerumunan dan penyitaan KTP, kerja sosial, hingga denda adminsitratif.

“Ada tahapan sebelum digelar operasi yustisi ini. Koordinasi, sosialisasi baru kemudian tahap pelaksanaan yang diselenggarakan  hari ini” Imbuhnya

Masih kata AKBP Doni, operasi yustisi ini dilakukan untuk menekan laju penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Trenggalek. Operasi dilaksanakan dengan mengedepankan sikap humanis dan memperhatikan kearifan lokal. Sedangkan bertindak selaku penegak hukum adalah Satpol PP, Kejaksaan dan Hakim dengan didampingi oleh TNI/Polri.

Dari pengamatan tim redaksi, setiap pengendara yang melintas, diminta memasuki pelataran halaman parkir agropark yang kebetulan memang bersebelahan dengan jalan protokol masuk kota Trenggalek.

Petugas kemudian memeriksa identitas disamping kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Bagi mereka yang tertangkap tangan tak mengenakan masker langsung mengikuti sidang ditempat. Sedikitnya 16 orang terjaring dalam operasi yustisi ini lantaran tak mengenakan masker.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek Darfiah, S.H.,M.H., Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Deny Riswanto,S.H., M.H., Kasat Pol PP Pemkab Trenggalek Drs. Stefanus Triadi Atmoko dan beberapa pejabat utama Polres Trenggalek