Rakor Gakkumdu, Kapolres Trenggalek Tegaskan Pilkada Wajib Patuh Prokes

Polres Trenggalek – Tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Trenggalek telah berjalan sesuai dengan jadwal. Dalam rangka mensukseskan Pilkada 2020, pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek telah menggelar beberapa langkah strategis guna menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif. Salah satu diantaranya adalah menjalin komunikasi, kerjasama dan kolaborasi bersama instansi terkait dan stakeholder Pemilu.

Sebagai wujud sinergitas, Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Sentra penagakan hukum terpadu (Gakkumdu) yang digelar di hall Gayatri Hotel Hayam Wuruk Kabupaten Trenggalek. Senin (14/9).

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Doni kembali menegaskan agar dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan. Batasan-batasan yang telah diatur dalam regulasi Pilkada wajib ditaati.

Terkait dengan penanganan perkara, pihaknya meminta agar dilakukan kajian secara mendalam, dikoordinasikan dengan unsur Gakkumdu dan dipahami betul pelanggaran dan tindak pidana yang masuk dalam ranah Pilkada.

“Disiplin protokol kesehatan tetap menjadi perhatian kita semua dan tetap jaga netralitas” Jelas AKBP Doni.

“Pada prinsipnya, Polres Trenggalek siap mengamankan Pilkada kabupaten Trenggalek dan mendukung sepenuhnya langkah-langkah Bawaslu.” Imbuhnya.

Senada, Kajari Trenggalek Darfiah, S.H., M.H., yang juga turut hadir dalam acara tersebut menuturkan semakin dekat pelaksanaan Pilkada maka dituntut pula pengawasan yang ekstra. Pihaknya juga menyampaikan beberapa kerawanan pelanggaran seperti penggunaan fasilitas negara maupun money politic.

Sedangkan Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek Ahmad Rokhani,S.Pi., memaparkan terkait dengan pemetaan potensi tindak pidana yang perlu diantisipasi selama tahapan Pilkada berlangsung.